Detail Modifikasi Pada Daihatsu Ayla Turbo

Detail Modifikasi Pada Daihatsu Ayla Turbo

Ayla Turbo telah diperkenalkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Sejak kehadirannya pada saat itu, Ayla Turbo ini telah mendapatkan ubahan-ubahan lainnya.

Mobil yang konsep awalnya adalah LCGC, mengalami perubahan total mulai dari jantung pacu, eksterior, interior, sampai ke kaki-kakinya layaknya sebuah mobil balap.

Ayla Turbo ini masih menggunakan mesin 3NR-VE berkapasitas 1.197 cc. Mesin tersebut dijejali turbocharger dengan spesifikasi Turbo A/R 0,5 dan Compressor A/R 0,6.

 

Untuk mengurangi berat dari Ayla, PT ADM mengganti kaca samping dari bahan serat kaca. Di bagian kaki-kakinya, Ayla Turbo menggunakan roda 15 inci pelek aluminium yang dipadu ban Achilles 195/50 depan dan belakang. Sementara untuk bagian pengeremannya, menggunakan merek aftermarket AP Racing empat piston di bagian depan dan satu piston di bagian belakang.

Beberapa hal lain juga diubah untuk mendukung konsep Ayla Turbo ini. Suspensi standar pun diganti dengan coil over khusus untuk balap. Serta roll bar yang dipasangkan untuk menambah ke rigid-an LCGC tersebut.

 

Di dalam kabin, hanya tersedia dua jok balap dari Sparco. Komponen pendingin kabin pun dilepas untuk mengurangi bobot keseluruhan. Bagian setir juga diganti menggunakan produk aftermarket, begitu juga untuk penunjuk kecepatan yang menggunakan merek Haltech.

Executive Design Engineering Division Research and Development Directorate ADM, Soni Satriya mengatakan ubahan tersebut membuat Ayla mampu menumpahkan tenaga sebesar 200 ps dan torsi 242 Nm. "Untuk akselerasinya dari 0 sampai 100 kilometer per jam memakan waktu sampai 10,3 detik," ungkap Soni. 

Angka tersebut lebih cepat 2 detik dari versi standarnya yang membutuhkan waktu 12,6 detik.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com