Cikal Bakal Avanza-Xenia Bermesin Hybrid

Cikal Bakal Avanza-Xenia Bermesin Hybrid

Konsep MPV hybrid pertama di dunia yang debut di GIIAS 2019 jadi sorotan. Mobil bernama Daihatsu HYFun Concept ini disebut-sebut akan jadi Avanza dan Xenia masa depan.

Benarkah demikian?

Pradipto Sugondo selaku Research And Development PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengakui bahwa tak menutup kemungkinan hal itu terjadi. "Tergantung pasar. Mungkin saja. Pasar Daihatsu kan punya uniqueness tersendiri, kami tidak akan gegabah. Jadi semua itu ada hubungannya dengan pasar, kesiapan teknologi dan kesiapan kami sebagai manufaktur," ujar Pradipto yang kami temui di GIIAS 2019 hari kedua (19/7).

Foto: Jason

 

Pradipto sendiri menyebut bahwa HYFun dirancang lebih banyak oleh pihak Daihatsu pusat di Jepang dengan hasil mempelajari profil pasar domestik Indonesia. "Ini memang concept car yang disiapkan untuk pasar Indonesia. Kita belum bisa bicara kapan masuk jalur produksi," imbuhnya.

Untuk mesin hybrid sendiri, Pradipto belum bisa bicara banyak mengenai perkembangannya. Namun ia menyebut bahwa riset utama masih dilakukan Daihatsu tanpa campur tangan Toyota. 

"Bisa saja dimanfaatkan oleh Toyota juga dikemudian hari tergantung strategi pasar nantinya," tutup Pradipto yang bermarkas di Pusat Riset dan Pengembangan PT ADM, Karawang, Jawa Barat.

Foto: Jason

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com