Child Safety Lock, Pengaman Anak yang Masih Eksis Sampai Kini

Child Safety Lock, Pengaman Anak yang Masih Eksis Sampai Kini

Perangkat keselamatan pada mobil berkembang sedemikian cepat dan semakin mendetail. Salah satunya adalah keselamatan yang ditujukan pada penumpang anak-anak.

Salah satunya adalah Child Safety Lock yang terdapat pada kiri dan kanan pintu bagian belakang. Pada bagian itu kita akan menemukan sebuah tuas kecil dengan lambang anak atau bertuliskan Child lock.

Fitur yang banyak disebut sebagai Child Safety Lock ini digunakan untuk mencegah anak membuka pintu dari posisi dalam mobil pada saat diposisikan pada kondisi 'lock'. Dalam posisi tersebut, pintu hanya bisa dibuka dari luar saja.

 

Kehadiran fitur ini tak lain merupakan bentuk respons dari berbagai kejadian yang berhubungan dengan hal ini.

Anak kecil penuh dengan keingintahuan terhadap berbagai hal, termasuk pada bagian yang berbau mekanikal, salah satunya tuas pintu.

Berdasarkan studi yang dilakukan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) beberapa kejadian di Amerika di kisaran tahun 60 an dilaporkan anak terjatuh karena membuka pintu belakang dari dalam ketika mobil melaju.

Pada tahun 70-an fitur ini mulai dikenalkan dan menjadi standar keselamatan di Amerika Serikat pada era 80-an.

Kendati sistem keamanan pintu saat ini jauh lebih aman, dengan kehadiran power sentral lock, namun tetap saja fitur ini menjadi standar baku yang disertakan pada kendaraan terutama mobil 4 pintu.  

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com