Chevrolet Kembangkan Aplikasi Pencegah 'Berponsel Sambil Nyetir'

Chevrolet Kembangkan Aplikasi Pencegah 'Berponsel Sambil Nyetir'

Chevrolet tampaknya melihat angka kecelakaan di jalan raya semakin tinggi dan ternyata diketahui bahwa sebagian besar terjadi disebabkan oleh penggunaan ponsel saat berkendara. Para pakar psikologi mengakui bahwa belakangan ini smartphone dengan berbagai aplikasi sosmed cukup membuat orang kecanduan hingga akhirnya nekat berponsel ketika berkendara dan menyebabkan kecelakaan yang seharusnya bisa dihindari.

Hal ini akhirnya membuat Chevrolet akan menghadirkan sebuah aplikasi smartphone untuk mengurangi risiko kecelakaan akibat menggunakan smartphone saat mengemudi. Aplikasi tersebut dinamakan ‘Call Me Out’ dan berfungsi untuk mengingatkan pengemudi untuk tidak menggunaan smartphone saat mengemudi. Menariknya adalah, cara yang digunakan pada aplikasi ini sangat sederhana karena hanya mengandalkan suara dari orang terdekat yang sudah direkam sebelumnya. 

 

Aplikasi ini akan secara otomatis bekerja ketika pengemudi mulai berkendara dengan kecepatan lebih dari 8 km/jam. Di saat pengemudi hendak menggunakan smartphonenya di atas 8 km/jam, maka suara pengingat yang sudah direkam akan mengingatkan untuk meletakkan kembali smartphone tersebut.

Sifat dari aplikasi ini sebenarnya sangat sederhana. Sebab walaupun aplikasi ini aktif dan memberikan peringatan larangan, namun sebenarnya tetap bisa digunakan. Akan tetapi suara peringatan ini hampir tidak bisa ditolak rasanya apabila suara yang direkam adalah dari orang tersayang.

Uniknya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan papan skor dan rangking untuk memberikan challenge kepada penggunanya. Semakin sedikit menggunakan smartphone selama berkendara, maka skor akan semakin tinggi. 

 

 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com