Cerita Lamborghini Miura yang Hanya Ada 1 Unit di Indonesia

Cerita Lamborghini Miura yang Hanya Ada 1 Unit di Indonesia

Lamborghini Miura kerap dianggap sebagai titik balik kesuksesan pabrikan berlogo banteng mengamuk itu dalam membuat produk supercar. Miura yang kala itu dianggap sebagai model terbaik yang pernah dibuat Lamborghini pun masih terus dicari para kolektor mobil. Miura kini tergolong langka, sebab umurnya yang sudah sangat tua dan unitnya pun tidak banyak di dunia.

Namun, terdapat satu unit Lamborghini Miura di Indonesia yang beberapa waktu lalu dipajang di Pacific Place, Jakarta Selatan. Mobil tersebut adalah milik Yuswo Tirto Widjojo yang akrab dipanggil Om Boetje sebagai pecinta mobil klasik sport Eropa.

Mobil tersebut menjadi pemeran utama dalam pameran Lamborghini Jakarta Show-Case. Lebih kerennya lagi, Lamborgini Miura S Tahun 1971 milik Om Boetje baru saja direstorasi oleh divisi klasik Lamborghini di Italia.

Foto : Brian

 

Baca juga: Keren! Miura Lawas Dari Indonesia Direstorasi Langsung Di Markas Pusat Lamborghini

"Miura S ini sudah saya dapat sejak 2016, soal rasa, jelas Miura S ini sangat enak dikendarai. Tetapi saat saya baru mendapatkannya ada beberapa cacat kecil yang menurut saya cukup mengganggu, seperti pintu yang susah ditutup rapat dan sebagainya," ungkap Om Boetje di Jakarta beberapa pekan lalu (5/4).

Dirinya pun menceritakan, sebelum sempat direstorasi oleh pihak Lamborghini, dirinya sempat memperbaiki Miura itu sendiri. Walaupun sudah terlihat rapih, namun Boetje kurang puas dengan hasilnya sehingga menyerahkannya ke Lambhorgini Italia.

Foto : Brian

 

"Kebetulan sekali, di saat itu Lamborghini sudah membuka divisi klasik yang bisa menangani restorasi mobil-mobil klasik buatan mereka. Dengan bantuan salah satu rekan saya, akhirnya saya memutuskan untuk mengirim Miura S ke Italia buat direstorasi," papar Boetje.

Boetje mengakui proses restorasi Lamborghini Miura S itu memakan waktu sampai 15 bulan. Setelah restorasinya selesai, mobil berwarna hijau itu langsung dikirim ke Inggris. Di Inggris, Boetje menginginkan mobil tersebut turut berpartisipasi dalam Councors of Elegance 2018, yang merupakan tempat berkumpulnya mobil klasik dan antik.

Foto : Brian

 

Dalam ajang bergengsi itu, Lamborghini Miura S milik Boetje berhasil meraih juara satu. Bahkan, dalam ajang tersebut, Miura S milik Boetje mampu mengambil perhatian Pangeran Charles.

Kini, mobil klasik dan ikonik milik Lamborghini itu lebih banyak diam di garasi. Hal ini tentu dilakukan Boetje agar membuat mesinnya tetap prima. Boetje juga mengajak Miura S jalan-jalan seminggu sekali dalam jarak yang dekat.

Foto : Brian

 

Karena jarang sekali dipakai, membuat Miura S yang kini berusia 48 tahun ini hanya menempuh jarak sekitar 1.500 kilometer saja.

Boetje mengaku, beberapa orang telah menawar mobil kesayangannya itu. Walaupun ditawar dengan harga selangit, Boetje enggan melepaskannya ke tangan orang lain. "Mobil ini pernah ada yang nawar, saya tidak perlu kasih tahu berapa harganya. Yang nawar itu kasih harga berapa saya beli mobil ini dan ditambahkan satu juta Dolar," ungkap Boetje.

Foto : Brian

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com