Catatan Penyiksaan Wuling Cortez 1.5 di Sentul (Bagian 1)

Catatan Penyiksaan Wuling Cortez 1.5 di Sentul (Bagian 1)

Wuling Cortez yang terdiri dari dua varian mesin, yakni 1.800 cc dan 1.500 cc memberikan warna baru pada segmen yang dihuni oleh Toyota Innova. Senjata utama dari Cortez sendiri tentunya adalah harganya yang lebih murah dibanding Innova. Apalagi dengan Cortez 1.5.

Berangkat dari rasa penasaran, kami pun telah melakukan pengetesan Cortez 1.5 yang tergolong ekstrim di sirkuit Sentul, Jawa Barat. Pastikan Anda sudah menyaksikan tayangannya di YouTube.

 

Dari pengetesan tersebut, mari kita rangkum hasil "penyiksaan" yang dilakukan salah satu Reviewer, Fitra Eri. Yang harus Anda ketahui pertama adalah, unit Cortez 1.5 transmisi manual ini dalam kondisi sangat standar. Kami menggunakan Pertamax sebagai bahan bakarnya.

Sebagai awalan, pengetesan akselerasi diperlukan. Hasilnya untuk melesat dari keadaan diam ke 100 km/jam ditempuh dalam 19.8 detik. Kami langsung menggeber tanpa ampun sejak lap pertama. Sampai total 9 lap yang ditempuh Fitra, putaran mesin selalu dalam Rpm tinggi. 

 

Di awal-awal lap, Fitra membawa masuk Cortez ke tikungan kedua sirkuit Sentul dengan kecepatan 120 km/jam. "Sangat mengejutkan bahwa suspensinya cukup nyaman dan tidak melayang sekali. Masih terasa terkendali padahal tidak dilengkapi dengan Stablity Control," takjub Reviewer kami satu ini.

Namun gejala limbung tetap terjadi pada MPV ini. Hal tersebut sangat wajar karena tengah dipakai dalam kondisi yang tidak sewajarnya. 

Masuk lap kelima, suhu mesin terpantau normal, tidak ada kenaikan sama sekali. Hingga masuk lap keenam juga tidak terasa gejala detonasi pada mesin, getarannya juga normal dan tak ada suara kasar dari dari dapur pacu.

 

Dalam pengetesan ini, kecepatan tertinggi yang tercatat pada trek lurus adalah 160 km/jam. Dan sampai lap 7 semuanya tetap masih normal; AC, pengereman, getaran mesin, semuanya tetap normal.

Hingga pada putaran kesembilan Fitra masuk pit lane. Tercatat sudah 9 putaran atau sekitar 96 kilometer MPV rakitan Cikarang, Jawa Barat ini disiksa tanpa ampun.
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com