Cara Mudah dan Murah Jernihkan Lampu Utama Pakai Coating

Cara Mudah dan Murah Jernihkan Lampu Utama Pakai Coating

Mika lampu utama buram kekuningan biasanya disebabkan oleh usia pakai. Perubahan yang terjadi tersebut sedikit banyak akan berpengaruh pada kejernihan sinar lampu yang dipancarkan.

Mengganti mika dengan yang baru merupakan solusi paling ideal, namun harga mika orisinal kadang tak ramah pada kantong.

 

Aneka jurus untuk mengembalikan kondisi permukaan mika ke keadaan semula pun bisa dilakukan dengan mudah. Hal ini dilakukan dengan cara menggosok dan mengoles pasta gigi ke permukaan batok lampu. Atau bisa juga mengosoknya dengan ampelas halus guna mengembalikan kecemerlangan bagian tersebut.

Namun banyak yang berpendapat bahwa langkah tersebut belum paripurna, karena kejernihan mika tak bertahan lama, bisa kembali pada kondisi menguning dan kusam. Belakangan muncul cara yang memberikan solusi lebih baik dengan jernih yang lebih lama yakni dengan cara coating.

“Cara ini tergolong relatif baru dan menggunakan coating khusus yang diuapkan pada permukaan lampu yang akan di-treatment,” terang Fajar Putra dari Union Motor, Semarang, Jawa Tengah.

Sebelum proses coating dilakukan, permukaan mika lampu harus dihaluskan dengan amplas terlebih dahulu. “Kita menggunakan amplas yang paling halus yang dipergunakan untuk membuka pori-pori mika yang sudah menguning,” terang penggemar mobil off-road ini.

“Caranya dengan menggunakan coating yang diuapkan pada permukaan lampu,” terang Fajar Putra dari Union Motor, Semarang. Setelah dipastikan permukaan lampu telah benar-benar halus, maka proses coating dapat dilaksanakan.

Dalam pelaksanaannya, proses coating menggunakan cairan khusus yang dipanaskan terlebih dulu sebelum diuapkan pada permukaan mika lampu. “Prosesnya tidak menghabiskan waktu lama dan bisa dilakukan dalam kondisi unit lampu terpasang di mobil,” sambungnya.

Hasil yang diperoleh sangat beragam dan sangat tergantung dengan kondisi lampu. “Rengat halus tidak dapat hilang, namun memang bisa tersamarkan,” imbuh pria berbadan kekar ini.

“Biasanya lampu yang sebelumnya pernah ditreatmen, terlebih jika digosok dengan menggunakan kompon akan sedikit membandel. Tak jarang kami harus melakukan penggosokan hingga benar-benar halus dan kemudian dicoating ulang,” tutupnya.

Harga yang dipatok relatif enteng di kantong, Fajar hanya mengenakan biaya sebesar Rp 50 ribu hingga Rp 150 ribuan untuk tiap pasang lampu, tergantung pada tingkat kesulitan dan kondisi lampu.

 

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com