Cara Menginspeksi Mobil Bekas Ala Otospector (Bagian 2)

Cara Menginspeksi Mobil Bekas Ala Otospector (Bagian 2)

Mobil bekas memang menjadi salah satu pilihan yang menarik. Harga jual yang murah membuat mobil versi bekas kian diminati oleh calon konsumen.

Namun, memilih mobkas tentunya harus memperhatikan kondisi mobil tersebut secara detail. Maka, berikut hal-hal yang harus diperhatikan ketika memilih mobil bekas ala Otospector.

4. Indikasi Bekas Banjir

 

Pastikan mobil yang Anda pilih terbebas dari rendaman air banjir. Caranya adalah perhatikan bagian bawah jok aias rel jok. Pastikan bagian ini tidak ditemukan karat. Selain itu juga, pastikan karpet dasar tidak kotor. Tak hanya itu, ketika memasuki ruang kabin, pastikan interiornya tidak berbau apek.

Jika memungkinkan, perhatikan kabel-kabel yang terletak di balik dasbor. Pastikan soket-soket kabel tidak berkarat

5. Ruang Interior

 

Pastikan semua fitur berjalan dengan semestinya. Perhatikan juga peranti-peranti seperti lingkar kemudi, tuas transmisi, kondisi kulit jok (jika berbahan kulit), pedal gas tidak aus atau mengalami pecah-pecah.

Di samping itu, perhatikan juga kesejukan sistem pendinginan alias AC. Pastikan AC mobil mampu mendinginkan ruang kabin dengan semestinya.

Tak hanya itu, untuk memastikan mobil bebas dari tabrakan berat, cek pretentioner seatbeltnya dengan cara menariknya secara kuat. Jika seatbelt tidak lagi mengunci, maka dipastikan pretensioner seatbelt telah mengalami kerusakan akibat tabrakan hebat.

 

6. Test Drive

 

Hal wajib yang harus dilakukan adalah melakukan uji coba jalan alias test drive. Perhatikan beberapa hal ketika berkendara, seperti kaki-kaki bebas dari bunyi, pergerakan setir tidak berat, fungsi rem masih berfungsi dengan semestinya (tidak keras dan masih dalam ketika diinjak) .

Jika mobil memiliki transmisi otomatik, pastikan kondisi transmisi dalam keadaan baik. Ciri-ciri transmisi otomatik yang baik adalah tidak ditemukannnya sentakan atau bunyi ketika tuas dipindahkan ke posisi R atau D. Selain itu juga, pastikan perpindahan giginya tidak mengalami selip.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com