Cara Menginspeksi Mobil Bekas Ala Otospector (Bagian 1)

Cara Menginspeksi Mobil Bekas Ala Otospector (Bagian 1)

Pembelian mobil bekas tentunya berbeda dengan mobil baru. Kondisi mobil second hand pastinya bermacam-macam. Hal ini bergantung dari pemilik sebelumnya memperlakukan mobil tersebut.

Lantas jika Anda tengah beriat untuk membeli mobil bekas, apa saja hal yang harus diperhatikan? Otospector selaku lembaga spesialis inspeksi mobil bekas memberikan tips bagaimana memilih mobil bekas yang baik dari berbagai sisi.

1. Cek Oli mesin

 

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bagian mesin, terutama oli. Pastikan tutup oli tidak ada cairan berwarna putih. Karena jika berwarna putih, oli telah tercampur oleh air. Hal ini disebabkan oleh kompresi mesin yang tidak lagi baik. Tak hanya di tutup oli, perhatikan juga bagian Dipstick oli.

 

2. Radiator

 

Bagian ini juga tak kalah penting dari oli. Pastikan volume air radiator cukup. Karena jika volume air radiator kurang dari batas ambang wajar, kemungkinan sistem pendinginan dalam kondisi yang kurang baik

 

3. Eksterior

 

Pastikan mobil bekas yang hendak dipinang bebas dari tabrakan. Caranya adalah cek bagian sela-sela pintu, kap mesin, fender, dan kap mesin dan pastikan masih menggunakan sealant asli pabrik. Tak hanya itu, pastikan bagian-bagian ini tidak mengalami bekas perbaikan alias las-las-an.

Lalu jika memungkinkan, cek ketebalan plat bodi. Jika suatu bagian terdeteksi tebal, maka kemungkinan besar bagian tersebut telah mengalami perbaikan.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com