Berhembus Isu Recall All New Mazda 3

Berhembus Isu Recall All New Mazda 3

All New Mazda 3 merupakan salah satu produk baru yang akan menjadi unjuk gigi di GIIAS 2019. Namun jelang hari-H produk ini resmi dipasarkan di Indonesia, kabar buruk menerpa. Mazda 3 generasi terbaru yang dipasarkan di Amerika Serikat dan Australia ternyata kena recall.

Berdasar laporan dari The National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), sebanyak 24,865 unit Mazda 3 teranyar yang dilempar untuk pasar Negeri Paman Sam ditemukan kecacatan. Dilansir dari Car and Frive (17/7), tidak dijelaskan varian hatchback atau sedan yang terdampak, yang pasti kampanye recall ini menimpa unit yang diproduksi pabrik Mazda di Hiroshima Jepang dan pabrik di Salamanca, Mexico.

 


Kecacatan sendiri ada pada bagian antara baut dan rumah roda yang tidak terpasang dengan sempurna sehingga bisa menyebabkan kelonggaran dan potensi terburuknya roda terlepas ketika mobil berjalan. Unit yang terdampak sendiri mencakup Mazda 3 produksi 28 September 2018 hingga 19 April 2019.

Sementara itu mengutip dari The Guardian, unit yang mendapat penarikan kembali di Australia jumlahnya lebih sedikit, 'hanya' 3.223 unit yang dipasarkan antara 8 April sampai 21 Juni 2019. Permasalahan ditemukan hanya pada unit Mazda 3 hatchback dan terkait komponen yang serupa dengan yang ada di Amerika.

Kabar baiknya PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), selaku APM merek Mazda meyakini kalau kampanye recall ini tidak akan memberi dampak ke kendaraan yang akan mereka hadirkan.

"Nah itu, kami beda produksi. Kami engga ada masalah dengan recall (Mazda 3) di Indonesia," terang Presiden Direktur PT EMI, Roy Arman Arfandy ketika ditemui di Jakarta Selatan, Rabu sore kemarin (17/7).

Roy menjelaskan, unit Mazda 3 yang terdampak recallmerupakan generasi awal Mazda 3. Pihak Mazda sendiri disebut telah melakukan perbaikan pada rantai produksinya sejak 19 April 2019.

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com