Beli Suzuki Swift Usia 10 Tahunan? Ketahui Penyakit dan Harga Sparepart-nya

Beli Suzuki Swift Usia 10 Tahunan? Ketahui Penyakit dan Harga Sparepart-nya

Suzuki Swift generasi kedua tahun produksi 2007 hingga 2012 merupakan pilihan menarik dalam perburuan mobil bekas dengan budged Rp 80 sampai 90 jutaan. Hatchback berkode sasis ZC21S ini dianggap memiliki tampilan yang seolah tidak habis termakan zaman dan sepintas desainnya mirip dengan Mini Cooper.

Tapi karena Swift satu ini adalah mobil bekas, maka Anda wajib mengetahui berbagai titik yang harus diperhatikan dalam menginspeksi unit yang sudah diincar. OtoDriver beri panduannya untuk Anda agar bisa mendapat Suzuki Swift bekas yang memiliki kondisi prima agar tidak menguras kantong jika digunakan sebagai mobil harian. 

 

Tidak sedikit ditemukan Swift usia 11 tahunan sudah berbunyi gladak-gladuk pada bagian setir bahkan terdengar hingga dalam kabin jika melintasi permukaan jalan tak rata atau rusak. “Hal tersebut disebabkan oleh rack steer dalemannya sudah aus,” jelas Agus, mekanik bengkel resmi Suzuki Fatmawati, Jakarta Selatan.

Untuk mengusir bunyi yang mengganggu tersebut maka mengganti rack steer lama dengan asli sparepart label Suzuki adalah jalan terbaik, untuk itu siapkan dana sekitar Rp 5 sampai 6 jutaan. Namun jika dana tersebut masih terasa kemahalan, maka bisa diservis dengan biaya sekitar Rp 500-600 ribuan di luar bengkel resmi. “Bisa dengan cara diganjal dengan bahan teflon,” jelas Penpen, mekanik Cahaya Baru, Pasar Cipete Kolong, Jakarta.

 

Jika proses tersebut sudah dilakukan masih ada bunyi aneh lainnya, bisa saja berasal dari karet bushing arm bagian depan dan link stabil. Untuk kisaran harga sebuah link stabil asli Suzuki terpantau Rp 270.000 sampai Rp 300.000. Untuk opsi merek kualitas dua alias KW kisaran Rp 300.000 sepasang.

Kemudian untuk bushing arm depan harga satuannya Rp 250.000 untuk asli Suzuki sementara produk kualitas dua harganya Rp 400.000 sepasang. Jangan lupa semua proses tersebut harus ditutup dengan spooring agar posisi roda kembali benar.

 

Kemudian kompresor AC Swift tahun 2007 juga terbilang lemah, beberapa orang mengatakan bahwa suaranya kasar seperti orang yang tengah ngorok. Suara tersebut berasal dari kompresor yang sudah rusak, mengingat sudah berumur kurang lebih 11 tahun.

“Jika mau diganti bisa beli di bengkel resmi Suzuki, harganya sekitar Rp 4,5-5 jutaan, mereknya Denso,” tambah Agus. Memang mahal karena mobil ini CBU Jepang. Namun kalau ingin membeli kompresor buatan Tiongkok bisa datang ke “88” Shop di bilangan Jl. Haji Nawi, Jakarta Selatan yang menawarkan dengan harga sekitar Rp 3 jutaan di luar ongkos pasang.

 
Itulah titik-titik yang harus diperhatikan saat mengincar Swift lansiran 2007an. Di luar hal di atas, jika tarikan mesin Swift terasa kurang responsif dan perpindahan gigi sudah tidak halus, lakukan engine flush dan mengganti dengan pelumas baru berikut penggantian filternya sesuai spesifikasi mesin. Kemudian kuras oli transmisi (matic) dan ganti dengan oli sesuai spesifikasi gearbox.
 
Daftar sparepart Suzuki Swift bekas:
 
1. Rack steer
Asli Suzuki: Rp 5-6 jutaan
Repair: Rp 500-600 ribuan (bengkel umum)
 
2. Link stabil
Asli Suzuki: Rp 270-300 ribuan
Kw: Rp 300 ribu satu pasang
 
3. Bushing arm
Asli Suzuki: @ Rp 250 ribu 
Kw: Rp 400 satu pasang
 
4. Kompresor AC
Denso (OEM): Rp 4,5-5 jutaan
Kw: Rp 3 jutaan
 
 
Reporter: Christo
Editor: Danu

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com