Begini Cara Pintar Belanja Audio Mobil

Begini Cara Pintar Belanja Audio Mobil

Bagi Anda yang sudah membeli mobil baru atau bekas tapi performa in car entertainment-nya memprihatinkan, segera lirik pasar audio mobil. Pun demikian, cara belanja pintar tanpa harus menguras isi ATM juga perlu dilakukan. Pasalnya, jangan sampai alih-alih memperbaiki tatanan audio yang 'jebol', malah dana simpanan Anda yang jebol.

Lalu bagaimana rumus belanja pintar itu? "Calon pembeli peranti gelaran hiburan kabin bisa menggunakan skala prioritas dalam berbelanja," bilang Welly selaku instalatur audio mobil dari gerai Sinar Jaya Harmoni di kawasan Letnan Sutopo, Tangerang Selatan, Banten.

Foto: Yulian Lahardi

 

Langkah belanja pintar yang pertama adalah mempertahankan head unit standar pabrikan mobil karena umumnya sudah cukup mumpuni yang fiturnya disesuaikan dengan kelas mobil tersebut. Pun demikian bila ternyata kemampuan head unit dirasa belum mencukupi, Anda bisa pilih head unit dengan fitur-fitur kekinian yang banyak beredar di aftermarket, baik itu model single DIN maupun double DIN dalam bentuk monitor dengan harga minimal Rp 2 juta.

Selanjutnya konsumen tinggal membeli sepasang speaker depan model split. "Model split ini tweeternya ada pada sudut pilar A di atas dashboard dengan arah cone menuju ke pengemudi atau penumpang depan agar tercipta keseimbangan suara panggung yang optimal," jelas Welly.

Tambahnya, model speaker ini sudah bisa diperoleh di bawah Rp 1 juta, tetapi tentunya harga juga menentukan kualitas. Bisa disesuaikan dengan kelas mobil dan budget yang tersedia.

Jangan lupa untuk membeli speaker belakang model coaxial dengan subwoofer. Namun, kalau berdasarkan formula belanja pintar, Anda bisa pilih subwoofer yang berfungsi menghasilkan suara bass yang solid ketimbang sekadar speaker belakang. Pasalnya, speaker belakang sebenarnya secara fungsi hanya mendukung keluaran vokal dari belakang kabin saja. Kecuali kalau memang anggaran Anda cukup berlebih.

Welly menganjurkan agar pembelian subwoofer juga disertai dengan power amplifier agar kebutuhan daya mencukupi. "Beberapa peranti subwoofer dan power amplifier dari Tiongkok bisa dipaket dengan banderol di bawah Rp 3 juta," tutup pelanggan juara sejumlah kontes audio skala daerah dan nasional ini.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com