Ban Tanpa Angin Michelin Akan Debut 5 Tahun Lagi

Ban Tanpa Angin Michelin Akan Debut 5 Tahun Lagi

Siapa yang tak kesal saat mendapati ban mobil yang mengalami kebocoran, tentu hal ini sangat mengganggu perjalanan. Apalagi kebocoran terjadi pada saat kecepatan tinggi, tentu sangat membahayakan. Nah, Michelin hampir menyelesaikan masalah itu. Dilansir dari Paultan.org (12/6), pabrikan ban asal Prancis ini akan memperkenalkan Unique Tire-Proof System (Uptis).

Michelin Uptis merupakan solusi mobilitas ban tanpa udara untuk mobil penumpang yang menghilangkan risiko ban kempes dan pecah. Manfaat lain dari Uptis salah satunya ada penghapusan pemeliharaan rutin dan memeriksa kerusakan, namun tetap meningkatkan keselamatan.

Pihak Michelin mengatakan ban Uptis dapat menopang berat sebuah mobil dengan menggunakan komposit karet fleksibel dengan resin fiberglass dan cocok untuk roda tradisional.

 

Dalam mengembangkan ban tanpa angin ini, Michelin tengah bekerjasama dengan General Motors (GM) sebagai mitra teknisnya untuk mengembangkan dan memvalidasi Uptis. GM akan mulai pengujian dari prototipe Uptis pada armada uji Michigan Chevrolet Bolt EVs akhir tahun ini. Sementara Michelin akan memperkenalkan Ban Uptis untuk mobil penumpang pada tahun 2024.

"Uptis sangat ideal untuk mendorong industri otomotif ke masa depan dan contoh yang bagus tentang bagaimana pelanggan kami dapat manfaat ketika kami berkolaborasi dan berinovasi dengan mitra pemasok kami," ujar Senior Vice President of Global Purchasing and Supply Chain, Steve Kiefer.

Menurut Michelin, sekitar 20% sampah ban saat ini  secara global dibuang karena tusukan dan keausan tidak teratur. Jika dihitung kira-kira 200 juta ban per tahun, yang sama dengan berat 200 Menara Eiffel. Jika Uptis diproduksi, akan menghasilkan manfaat keberlanjutan yang mencakup pengurangan bahan baku keseluruhan dan energi yang digunakan dalam produksi ban.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com