Avanza VS Xpander, Siapa yang Terlaris di Bulan Oktober?

Avanza VS Xpander, Siapa yang Terlaris di Bulan Oktober?

Pertarungan sengit penjualan antara Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander masih terus bergulir hingga saat ini. Setelah beberapa bulan, raja di segmen Low MPV diduduki oleh Xpander sejak lahir di Agustus tahun lalu. Namun kini dikabarkan Avanza kembali menyusul penjualan Xpander.

Hal ini cukup membuat kaget OtoDriver, karena mengingat Avanza merupakan produk yang sudah lama hadir namun ternyata masih bisa terus merebut hati konsumen tanah air. Menurut data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bulan Oktober 2018, penjualan Avanza tercatat sebanyak 9.519 unit.

 

Angka tersebut merupakan sebuah lonjakan yang sangat signifikan. Sebab satu bulan sebelumnya LMPV dari Toyota ini hanya menjual 6.151 unit. Berbeda dengan penjualan Xpander malah turun, pada periode Oktober 2018 Xpander terjual (wholesale) 5.413 unit. Angka itu mengalami penurunan jika dibandingkan dengan September 2018 yang sebesar 6.276 unit. 

Persaingan ketat terus terlihat beberapa bulan sebelumnya. Februari 2018, Xpander berhasil meninggalkan Avanza hingga Mei 2018. Avanza sempat kembali unggul di bulan Juni namun setelahnya yaitu Juli dan Agustus, kembali dikalahkan Xpander.

Di bulan September kembali dikuasai oleh Xpander dan akhirnya bulan Oktober lalu dikuasai Avanza kembali. Keduanya pun meyiapkan berbagai strategi pemasaran yang beragam, baik dealer Mitsubishi maupun Toyota mudah ditemukan promo penjualan untuk dua LMPV ini.

Namun apakah fenomena ini menandakan bahwa Xpander hanya akan menjadi hype setelah meluncur pertama kali? ataukah benar akan terus bersaing seperti ini? Kita lihat saja.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com