Apakah Pelek 'Jadul' Masih Aman Digunakan?

Apakah Pelek 'Jadul' Masih Aman Digunakan?

Pelek merupakan peranti paling penting dalam sebuah mobil. Selain penting, bids menjadi sarana bagi penggemar roda empat untuk bersolek. Apalagi para pemain mobil-mobil tua yang ikonik, tentunya ingin memiliki pelek asli sesuai dengan mobilnya. Nah lantas apakah pelek yang sudah berumur masih aman digunakan?

Nah pemilik bengkel reparasi pelek Eurovolution di Jl Raya Condet bernama Herdiwan mengatakan pelek yang sudah berumur akan berkurang durabilitasnya. "Sebenernya pelek ori yang sudah berumur bagus, paling kekuatannya berkurang 10%," ujar Herdiwan saat diwawancarai OtoDriver, Rabu (19/6).

Herdiwan menjelaskan jika dibandingkan dengan pelek replika baru, pelek yang sudah berumur dan original tetap memiliki durabilitas yang paling kuat. "Misalnya pelek original tahun 1980 an atau 1990 an, dia kekuatannya tetap lebih kuat dibandingkan replika yang masih baru walaupu sudah berkurang 10%. Karena harga barunya emang selisihnya jauh sekali," jelas Herdiwan.

Foto: Brian

Pengurangan durabilitas terjadi dikarenakan faktor material bahan yang sudah lama dipakai. Sehingga pelek yang sudah berumur tersebut lebih mudah peyang walaupun hanya terbentur pada tingkat kekerasan yang tidak terlalu keras.

Namun, Herdiwan menjelaskan, pelek yang berumur tersebut tetap dapat di reparasi. "Semua bisa di betulkan, asal jangan pecah dan pecahannya hilang. Semua pelek kalau pecahannya hilang kami bingung mau di tambal pakai apa?," tutupnya.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com