Antara Ignis, Agya, Brio dan Ayla, Mana yang Paling Oke Untuk Melibas Genangan Air?

Antara Ignis, Agya, Brio dan Ayla, Mana yang Paling Oke Untuk Melibas Genangan Air?

Mengandalkan mobil berjenis city car untuk berpergian sehari-hari, mungkin kewaspadaan Anda perlu lebih ditingkatkan lagi, mengingat jenis mobil ini tidak cukup pandai melibas genangan air.

Dalam komparasi kali ini, kami membandingkan empat city car dan LCGC terlaris di Indonesia, yakni Suzuki Ignis, Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Honda All New Brio.

 

Setelah membuka spesifikasi dari masing-masing merek, nyatanya ada kesamaan antara Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Suzuki Ignis, ketiganya mengusung ground clearance yang sama, yaitu 180 mm.

Sementara Honda Brio justru paling rendah di antara keempat model ini, ground clearance-nya tercatat 165 mm. Hal ini membuat Brio paling berpotensi mudah terjebak ketika menghadapi genangan air.

 

Meski demikian, ada baiknya ketika melihat kondisi air yang cukup tinggi tidak memaksakan melintasinya. "Usahakan Anda menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan, karena mobil yang ada di depan juga berfungsi sebagai patokan kendaraan atau tanda, sebagai ukuran seberapa tinggi genangan air yang dilalui selain itu Anda dapat cepat mengantisipasi jika ada lubang besar di depan yang akan dilewati," ucap Kepala Divisi Rescue Bencana, IOF Pusat dan Asessor Penanggulangan Bencana (BNPB), Handito.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com