Anjuran Bensin Untuk Daihatsu Xenia Facelift Agar Tembus Standar Euro 4

Anjuran Bensin Untuk Daihatsu Xenia Facelift Agar Tembus Standar Euro 4

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia mendapatkan berbagai penyegaran di awal tahun 2019 ini. Dari Anda semua pastinya sudah mengetahui apa saja hal baru pada duo LMPV kembar ini. 

Namun, salah satu yang tetap dipertahankan adalah jantung pacunya yang masih sama dengan versi sebelumnya. Baik Avanza dan Xenia tetap menggunakan mesin berkapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc berkode NR yang disebut-sebut produsennya punya kandungan lokal cukup tinggi.

 

Seiring dengan berjalannya standar emisi gas buang yang diterapkan oleh pemerintah, lantas apa jenis bensin yang paling pas untuk dikonsumsi oleh dua LMPV 'kembar' ini?

“Pemerintah menetapkan semua mobil yang diproduksi setelah bulan Oktober 2018 sudah menerapkan emisi gas buang Euro 4. Emisi gas buangnya hanya 50 Part per Million (PPM),” ujar Bambang Supriyadi. Head,Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ketika ditemui di Sibolga, Sumatera Utara pekan lalu.

Tak hanya Daihatsu Xenia, rupanya model apapun di Indonesia harus menggunakan minimal BBM RON 98 untuk lulus emisi Euro 4.

“Nah, untuk memenuhi standar tersebut, semua mobil harus menggunakan bahan bakar dengan oktan 98, di Indonesia hanya tersedia jenis BBM Pertamax Turbo. Namun kenyataannya, jenis BBM ini sulit ditemukan,” lanjut Bambang.

“Untuk semua model Daihatsu, pemerintah juga menganjurkan pemakaian BBM Pertamax Turbo, termasuk LCGC dan Xenia,” tutupnya.

Pemerintah mencanangkan peraturan emisi gas buang ini sejak tahun 2018 silam. Namun sedikit tragis jika untuk lolos emisi, BBM jenis RON 98 sendiri jarang ditemukan di berbagai daerah di Indonesia.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com