Alasan Pentingnya Subwoofer & Power Amplifier di Dalam Kabin

Alasan Pentingnya Subwoofer & Power Amplifier di Dalam Kabin

Bagi penikmat audio di kabin, peran subwoofer dan power amplifier sangat penting. Seperti yang pernah diutarakan Andre Widjaja, instalatur audio Bassindo Mobile Audio Installer, bahwa fungsi subwoofer adalah menghadirkan frekuensi nada rendah atau yang dikenal dengan sebutan bass solid.

Namun, mendengarkan musik dari suara bass yang solid dibutuhkan daya yang besar. "Itulah mengapa dibutuhkan power amplifier sebagai penyalur daya atau tenaga, sehingga antara power amplifier dan subwoofer sebenarnya sulit dipisahkan," jelas Andre saat itu.

Foto: Yulian Lahardi

 

Lanjutnya, subwoofer sendiri menggunakan driver woofer ukuran 8, 10, 12 inci, tetapi saat ini subwoofer ukuran 12 inci lebih banyak diadopsi. "Sementara yang ukuran 10 inci biasa dipasangkan dua unit pada bagian buritan atau bagasi," jelasnya lagi.

Buat catatan tambahan kalau frekuensi subwoofer adalah sekitar 20- 200 Hertz, dan umumnya dibutuhkan boks khusus guna menghasilkan suara bass yang berkualitas baik. Intinya, subwoofer itu sebagai pelengkap yang penting dalam tatanan audio lantaran menghasilkan nada berfrekuensi rendah atau bass, sedangkan speaker sekaligus tweeter menghasilkan suara vokal dan nada berfrekuensi tinggi.

Foto: Yulian Lahardi

 

Nah, seperti diingatkan di atas, Andre menambahkan bahwa amplifier juga bisa berfungsi menambah daya lebih besar daya kepada speaker sekaligus subwoofer agar suara yang dihasilkan bekerja maksimal. 

Anda penikmat in car entertainment? Coba saja!

Yulian Lahardi

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com