Alasan Memanaskan Mobil Matic Harus Dalam Posisi N

Alasan Memanaskan Mobil Matic Harus Dalam Posisi N

Sebelum melakukan aktivitas mengemudi, memanaskan mobil menjadi satu hal yang wajib hukumnya. Walau mobil masa kini sudah dirancang tak perlu dipanaskan lama-lama, namun membiarkan dalam keadaan langsam di pagi hari dalam waktu yang singkat tak ada salahnya. 

Namun, ada hal yang harus diperhatikan untuk Anda pemilik mobil bertransmisi otomatik.

Baca juga: Daftar Harga HYUNDAI Terbaru (April 2019)

Hermas Efendi Prabowo selaku Owner bengkel Worner Matic yang terletak di kawasan Bintaro menjelaskan bahwa ketika memanaskan mobil, posisi tuas harus berada dalam posisi N atau Netral.

 

"Ketika memanaskan mobil, taruh tuas transmisi di posisi N (Netral) dan jangan lupa tarik handbrake. Karena kalau posisi P, pompa oli tidak bekerja," ujar Hermas saat dihubungi oleh tim OtoDriver (3/5).

Artinya, jika pompa tidak bekerja, maka berakibat transmisi memiliki usia yang cenderung lebih pendek.

“Saat kita memanaskan mesin mobil juga memanaskan isi transmisinya. Kalau pompanya bekerja, pelumas atau oli matic sudah mengguyur komponen dalam transmisi,” tambahnya.

“Kalau transmisinya belum dipanasi akibat pelumas belum mengguyur komponen tentunyai bisa bikin part cepat aus dan kampas koplingnya bisa selip, membuat umur matic jadi pendek,” tutup Hermas.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com