Alasan Honda Ngotot Pertahankan Mesin Lama Pada Brio Generasi Terbaru

Alasan Honda Ngotot Pertahankan Mesin Lama Pada Brio Generasi Terbaru

Generasi terbaru Honda Brio diklaim memiliki banyak perubahan di berbagai aspek. Mulai dari sasis, dimensi eksterior, desain eksterior dan beberapa fiturnya.

Namun ada beberapa bagian yang tidak diubah yaitu salah satunya adalah mesin. Unit mesin berkode L12B yang berkapasitas 1.200 cc empat silinder i-VTEC itu masih dipertahankan dengan alasan masih mumpuni untuk Brio model baru ini.

 

Akan tetapi, pihak Honda mengklaim bahwa mereka selalu memberikan update setiap tahunnya untuk mesin tersebut. Jadi walaupun hasil tenaganya sama, tapi selalu ada penyempurnaan dan improvisasi.

"Setiap tahun kami terus melakukan pengembangan pada mesin. Meski sama, tapi kami terus menyempurnakannya agar lebih bertenaga dan irit bahan bakar," kata Yasuhiro Kumai selaku Chief Engineer Assistant Large Project Leader Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd.

 

 

Dijelaskan pula bahwa penyempurnaan yang dilakukan adalah dengan mengatur katup gas buang agar konsumsi BBM lebih optimal, mengkombinasikan exhaust manifold dengan kepala silinder dan menempatkan catalytic converter langsung di bawah exhaust manifold serta menggunakan busi elektroda anti oksidasi.

Lagi pula mesin L12B ini memang masih menjadi yang paling bertenaga di kelasnya. Dapur pacu ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 90 ps pada 6.000 rpm. Torsinya sendiri mencapai 110 Nm pada putaran mesin 4.800 rpm.

Masih cukup, bukan?

Simak Video : VIDEO: Penjualan Honda Meningkat Jelang Tutup 2019

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com