Alasan Daihatsu Xenia Tak Pakai Mesin 1.000 CC Lagi

Alasan Daihatsu Xenia Tak Pakai Mesin 1.000 CC Lagi

Semua orang pasti tak asing lagi dengan Toyota Avanza. Kembarannya dari merek Daihatsu bernama Xenia juga tak kalah populer sebagai model LMPV. Kedua model ini bisa dikatakan nyaris tak memiliki perbedaan.

Namun, dari masa ke masa, harga jual Daihatsu Xenia selalu lebih murah ketimbang Toyota Avanza.

 

Perbedaan lainnya adalah pilihan mesinnya. Jika Toyota Avanza dibekali dengan dua pilihan mesin yakni tipe bensin dengan kapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc, Daihatsu Xenia hanya tersedia pilihan mesin bensin dengan kapasitas 1.300 cc saja.

Namun, beberapa waktu silam, Daihatsu Xenia sempat tersedia pilihan mesin berkapasitas 1.000 cc. Rupanya, mesin 1.000 cc ini tak lagi hadir di jajaran varian Daihatsu Xenia. “Sudah sejak lama Xenia bermesin 1.000 cc kami hilangkan. Semua Daihatsu Xenia ditenagai oleh mesin 1.300 cc,” papar Amelia Chandra selaku Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor ketika diwawancarai di Jakarta Selatan (8/12).

Hal tersebut dikarenakan mesin 1.000 cc kini tersedia pada saudara LCGC-nya, Daihatsu Sigra. “Karena adanya Daihatsu Sigra yang tersedia mesin 1.000 cc. Karena kalau Xenia masih tersedia yang 1.000 cc, nantinya akan tumpang tindih,” tambah Amelia.

Daihatsu mengaku ingin membuat lini produknya tidak ada yang tumpang tindih antar produk. Maka dari itu, Daihatsu Xenia difokuskan pada jantung pacu bertenaga 1.300 cc.

“Untuk Daihatsu, kita atur lini produk kita diatur serapih mungkin. Kita tidak mau seperti brand lain yang produknya tumpang tindih. Kita tidak mau,” tegasnya.

Saat ini, Daihatsu Xenia ditenagai oleh mesin 1.300 cc yang juga digunakan oleh saudara kembarnya, Toyota Avanza. Jantung pacu ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 96 ps dan torsi 120 Nm.

Walau ketika masih ada opsi mesin 1.000 cc Xenia masuk kategori mobil ekonomis karena harga jualnya yang ramah kantong, bukan berarti saat ini sudah mahal. Tipe terendah Xenia bermesin 1.300 cc saat ini dibanderol Rp 183 jutaan OTR Jabodetabek untuk tipe X STD bertransmisi manual.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com