Airbag Di Luar Mobil, Untuk Apa?

Airbag Di Luar Mobil, Untuk Apa?

Perkembangan airbag dari waktu ke waktu semakin unik. Mengapa unik? Dari segi peletakannya mulai beraneka ragam. Pada awal diluncurkannya, peranti ini hanya berada di lingkar kemudi yang berfungsi hanya untuk melindungi tubuh pengemudi dari benturan ke setir. Seriring perkembangannya, kini posisinya beragam, mulai dari panel dasbor sebelah penumpang depan, lalu di jendela samping, sisi jok, hingga bagian bawah dasbor.

Volvo memiliki sebuah gebrakan baru. Bagi pabrikan mobil yang punya orientasi pada keselamatan berkendara, mereka adalah sebagai pelopor dalam memproduksi sebuah mobil yang dilengkapi dengan airbag yang diletakan di bagian luar kendaraan. Kali ini mereka mengaplikasikan pada varian Volvo V40 yang diletakan di balik kap mesin. Mengapa mereka meletakannya di sana?

Airbag Eksternal Ini Dapat Melindungi Pejalan Kaki

Airbag ini diletakan di bagian depan mobil dengan maksud adalah untuk mengurangi resiko cedera pada pejalan kaki apabila terjadi kecelakaan antara mobil dengan pejalan kaki tersebut. Airbag ini akan mengembang menutupi pilar A dan kaca mobil bagian bawah agar bisa memperkecil kemungkinan cedera untuk pejalan kaki.

Perusahaan besar penyuplai komponen otomotif, ZF dan TRW yang baru saja bergabung juga sedang melakukan pengembangan dalam meletakan airbag di sisi samping mobil. Airbag ini diletakan tepatnya pada rangka pintu mobil yang bekerja akan mengembang sesaat sebelum terjadi tabrakan dari arah samping. Peletakan airbag di sini adalah bermaksud untuk melindungi penumpang di kabin apabila terjadi tabrakan dari bagian samping mobil.

Disinyalir peletakan airbag di sisi luar bagian samping mobil ini menurut  Steve Peterson selaku Director of global systems engineering for occupant safety ZF TRW dapat mengurangi resiko cidera penumpang hingga 30 persen.

“Ini jelas menarik. Saya pikir ini masuk akal, terutama untuk mobil kecil yang lebih rendah dengan tanah,” ungkap Peterson

Sayangnya, airbag eksternal ini mungkin masih terbatas pada beberapa merek mobil. Pengembangannya pada merek-merek mobil lainnya masih belum jelas. Apalagi pada varian-varian mobil massal lainnya. Wah, hebat ya, sekarang yang dipikirkan bukan hanya keselamatan orang di mobil saja. Salute...

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com