Ada All New Ertiga Hybrid di Indonesia, Ini yg Sebenarnya Terjadi

Ada All New Ertiga Hybrid di Indonesia, Ini yg Sebenarnya Terjadi

Dalam acara bertajuk "Pameran dan Parade Kendaraan Bermotor Listrik" di silang Monas, Jakarta, 31 Agustus 2019 silam. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) terlihat memajang All New Ertiga Hybrid yang belum pernah diperlihatkan sebelumnya.

Dibanding model sebelumnya yang mengusung diesel mild hybrid yang sempat dijual pada era generasi pertama, hybrid pada All New Ertiga ini benar-benar berbeda.

Dari spesifikasinya, All New Ertiga Hybrid mengusung mesin bensin K15 Smart Hybrid berkapasitas 1.462 cc yang mampu memproduksi tenaga 77 ps pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm pada rpm 4.400. Kemudian mobil ini dipersenjatai dengan transmisi otomatik 4 percepatan konvensional. Berbeda dengan model diesel sebelumnya yang hanya ditawarkan dengan transmisi manual.

 

Saat tim OtoDriver menanyakan kapan kemungkinan mobil ini akan dijual, Yulius Purwanto selaku Head of 4W Product Development and Accessories PT Suzuki Indomobil Sales mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan studi teknis untuk pasar Indonesia agar dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk meluncurkan mobil ini ke pasaran.

"Partisipasi kami dalam acara tersebut dengan menampilkan All New Ertiga berteknologi SHVS merupakan persiapan Suzuki untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait dengan kendaraan bermotor listrik", tambah Yulius

Adapun cara kerja hybrid yang diusung All New Ertiga ini sama seperti varian Ertiga diesel sebelumnya. Saat berkendara normal, mesin bekerja sekaligus mengisi baterai yang dibantu oleh teknologi Integrated Starter Generaor (ISG).

Teknologi ini memiliki dua fungsi berbeda. Pertama sebagai generator untuk menangkap dan menyimpan energi ke baterai saat kendaraan deselerasi. Kedua sebagai motor yang akan memberikan tambahan daya ke mesin saat akselerasi. Sistem hybrid ini diklaim mampu membuat mobil lebih hemat bahan bakar.

Setelah mesin menyala, sistem SHVS akan aktif setelah berjalan minimal 3 km/jam. Lalu, saat Anda berhenti di kemacetan pindahkan posisi transmisi ke ‘N’ maka mesin mobil akan mati, tenaga dipindah dari baterai sehingga klistrikan tetap hidup.

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com