7 Persiapan Sebelum Mudik Naik Mobil Pribadi

7 Persiapan Sebelum Mudik Naik Mobil Pribadi

Ada yang relatif baru pada mudik Lebaran 2019 ini, salah satunya telah tersambungnya jalan Tol Trans Jawa dan dibukanya beberapa ruas tol di Sumatera. Diperkirakan jalanan yang tol akan diserbu para pemudik yang mendambakan waktu tempuh lebih pendek dan lebih nyaman jika dibandingkan dengan jalur lawas.

Bagi sebagian sebagian orang, menggunakan jalan tol ratusan kilometer dan mengemudi berjam-jam tentu jadi pengalaman baru. Namun demikian, bukan berarti tidak ada tantangan dalam menempuh pengalaman baru itu.

“Jalur tol baru ini memungkinkan orang untuk berjalan berjam-jam dalam satu jalur dalam kecepatan tertentu dan orang tidak bisa berhenti seenaknya untuk beristirahat atau melakukan kegiatan lainnya,” terang Catur Wibowo, salah satu pegiat Safety Driving di Indonesia.

“Dibutuhkan strategi dan persiapan tersendiri untuk menempuh perjalanan jauh ini dengan aman dan nyaman. Dan harus diingat bahwa ini bukan pekerjaan sederhana, jadi segala sesuatunya harus dipersiapkan sebelumnya,” imbuhnya.

Selain panjang, jalur ini masih relatif baru sehingga kita harus menggali informasi lebih lanjut terutama mengenai rest area dan juga tempat pengisian bahan bakar. Disarankan untuk melakukan persiapan yang baik agar perjalanan nyaman dan menyenangkan.

Berikut persiapan yang wajib dilakukan.

1. Perencanan Perjalanan

Perlunya memetakan terlebih dulu tempat-tempat pengisian bahan bakar dan rest area untuk beristirahat.

 

2. Pastikan Kenyamanan Perjalanan.

Pengemudi diwajibkan tetap dalam kondisi fresh dan jangan sampai memaksakan diri apabila sudah terasa mengantuk atau lelah. Kelola waktu untuk lakukan istirahat setiap 4 jam perjalanan. Siapkan musik untuk menemani perjalanan atau ataupun permainan untuk penumpang.

 

3. Memastikan Kondisi Mobil Prima

Mesin, transmisi, rem dan kondisi ban serta AC  menjadi bagian yang harus dipastikan kondisinya. Jangan lupa periksa juga ban serep dalam kondisi siap pakai, dongkrak dan juga perkakas kunci-kunci peralatan sederhana untuk mobil.

 

4. Lampu Harus Berfungsi Dengan Sempurna

Pastikan kondisi semua lampu berfungsi dengan baik dan sempurna. Mulai lampu utama, lampu sein, lampu rem, hingga lampu kabin.

 

5. Persiapkan Obat-Obatan, Makanan dan Minuman Ringan

Cek kotak P3K dan pastikan obat tidak kedaluarsa. Waspadai anggota keluarga yang rentan alami mabuk darat dengan menyiapkan tissue dan kantung muntah.

 

5. Gunakan kursi keselamatan anak 

Bagi penumpang balita disarankan untuk menggunakan kursi khusus untuk untuk bayi dan anak kecil.

 

6. Waspadai cuaca dan kondisi Jalan

Rute tol ini hampir semuanya merupakan daerah terbuka dan beberapa di antaranya membelah gunung yang cukup rawan munculnya angin samping. Cuaca saat  ini yang relatif susah ditebak harus diwaspadai.

 

7. Siapkan Logistik snack dan minuman

Siapkan makanan dan minuman ringan dalam jumlah cukup menjadi teman perjalanan terutama pengemudi dan co-driver-nya. Asupan yang perlu dijaga adalah air agar salama perjalanan tidak dehidrasi dan namun perlu diperhatikan juga resiko meningkatnya frekuensi buang air kecil.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com