7 Fakta BMW i3s Versi Indonesia

7 Fakta BMW i3s Versi Indonesia

BMW i3s sudah bisa dibeli bebas di Indonesia. Mobil dengan desain atraktif ini pun tercatat sebagai mobil listrik murni pertama yang dijual di Indonesia melalui keagenan resmi alias APM. 

Mobil ramah lingkungan yang hanya mampu menampung 4 penumpang ini ditawarkan dengan harga yang cukup fantastis, yakni senilai Rp 1,299 miliar (off the road). Bagi yang penasaran dengan keunggulan mobil listrik milik BMW ini, berikut 7 fakta menarik BMW i3s yang berhasil kami himpun berdasarkan pengujian kami pekan lalu dan berbagai sumber data resmi pabrikan.

 

1. Dimensi i3s Setara Honda Jazz

BMW i3s hadir dengan panjang  4.006 mm, lebar 2.039 dan tinggi 1.570 mm. Dengan demikian, dimensi mobil listrik BMW tersebut setara dengan Honda Jazz yang menurut data spek di situs resmi Honda Indonesia tercatat panjangnya 4.035 mm, lebar 1.694 mm dan tinggi 1.524 mm. Dalam hal ini BMW i3s sedikit lebih lebar meskipun akses ke penumpang belakang lebih sempit ketimbang Honda Jazz.

2. Bobotnya Sedikit Lebih Berat Dibanding Honda Civic Turbo Hatchback

Meskipun tanpa mesin, namun sebagai mobil perkotaan yang kompak, BMW i3s memiliki bobot bersih seberat 1,195 kg. Bobot tersebut kira-kira sedikit lebih berat dibanding sebuah Honda Civic Turbo hatchback yang memiliki berat 1.177 kg.

 

3. Bisa Dikendarai Dengan Satu Pedal

Meski terdapat dua pedal, yaitu pedal gas dan pedal rem. Namun i3s bisa dikendarai hanya dengan satu pedal. Pasalnya saat kita melepas pedal gas, maka mobil akan secara otomatis mengalami deselerasi. Hal tersebut dimanfaatkan oleh baterai untuk melakukan pengisian ulang. Oleh karena itu saat di kondisi lalulintas macet, Anda hanya perlu menekan pedal gas saja sambil sesekali melepas pedalnya untuk mengurangi kecepatan.

4. Mampu Menempuh 350 km Jika Baterai Terisi Penuh

Hasil tes OtoDriver berhasil mendapatkan angka konsumsi 7,5 km per 1 kilowatt. Dan dari pengisian listrik penuh, mobil ini mampu menempuh hingga 350 km. Yang menarik dalam mengisi baterai mobil ini, Anda tidak memerlukan setingan khusus saat melakukan pengisian di rumah. Daya listrik sebuah rumah 2.200 volt sudah bisa melakukan pengisian daya i3s ini dan semakin besar voltase listrik rumah maka akan semakin cepat pengisian baterai-nya sampai penuh.

5. Tembus 160 km/jam Tanpa Suara

Mobil listrik ini tercatat dalam lembar spek-nya memiliki tenaga 184 ps dengan torsi 270 Nm. Yang membuatnya mampu meraih catatan waktu 6,9 detik saat akselerasi 0 ke 100 km/jam. Sementara berdasarkan hasil pengujian OtoDriver, unit yang kami tes mencatatkan capaian terbaik di angka 6,6 detik dari 0 ke 100 km/jam. Sementara kecepatannya dibatasi di angka 160 km/jam. Yang unik, saat pedal gas mulai diinjak, Anda tidak akan merasakan suara raungan mesin atau knalpot, dan tiba-tiba saja spidometer sudah menunjukan batas maksimal.

 

6. Garansi Lebih Panjang dari Penawaran DFSK

Ketika Anda membeli BMW i3s, maka langsung mendapatkan BMW Service Inclusive yang meliputi gratis pemeliharaan rutin 5 tahun atau 60.000 kilometer dan garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh. Namun yang menarik adalah garansi baterai yang diberikan pihak BMW Indonesia, akan di-cover sampai 8 tahun. Hal ini bahkan mengalahkan rekor garansi yang dimiliki DFSK dengan 7 tahun garansi mesin. 

7. Harganya Setara 5 Honda Jazz Tipe Tertinggi

Jika Honda Jazz RS keluaran terbaru tipe tertinggi dibanderol Rp 279 jutaan, maka harga Rp 1,299 miliar (off the road) BMW i3s bisa setara dengan 5 unit Jazz tipe tertinggi tersebut. Jika beban pajak dan biaya pengiriman sudah dikalkulasi menjadi biaya (on the road), maka BMW i3s bisa saja menembus hampir Rp 1,5 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com