6 Perlengkapan Agar Nyaman Saat Berkendara

6 Perlengkapan Agar Nyaman Saat Berkendara

Kenyamanan sudah barang tentu menjadi hal pokok yang harus terpenuhi oleh penumpang kendaraan, terutama saat menempuh perjalanan jauh. Anda sudah pasti tidak ingin badan pegal dan merasa tidak betah saat berlama-lama dalam kendaraan.

Untuk itu bermacam cara digunakan untuk memenuhi tuntutan tersebut. Salah satunya adalah dengan menambahkan  beragam aksesoris. Mulai dari bantal leher, bantal headrest, lumber support, shoulder pad, kacamata hingga jok pijat.

Namun ada yang perlu diperhatikan soal kenyamanan tersebut. “Kenyamanan memang penting saat menempuh perjalanan. Namun jangan sampai terbuai oleh kenyamanan tersebut, terutama bagi pengemudi.” ungkap Ir. FX Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI).

Berikut beberapa aksesoris penunjang kenyamanan :

Bantal Leher
Bantal yang  melingkari leher ini berfungsi untuk menjaga leher tidak lelah dan kaku. Biasanya berisikan bahan dakron atau kapan silikon dan dilapisi dengan bahan yang halus dan nyaman. Tersedia dalam bermacam bentuk yang unik dengan ukuran S, M dan L.

Bantal Headrest
Memiliki fungsi yang sama dengan bantal leher namun ditempatkan di bagian headrest mobil. Akan tetapi ada yang harus diperhatikan, aksesoris ini kerap hadir dalam mbil-mobil keluarga ini dianjurkan tidak terpasang di jok pengemudi.

Lumber Support
Bantal yang digunakan ketika dalam posisi duduk ini berguna untuk menopang punggung bagian bawah sekaligus membantu memberikan daya topang untuk kurva / lekuk pada tulang belakang. Dengan adanya dukungan bantal pada daerah lumbar dapat mengisi kekosongan alami yang dibuat antara tulang punggung bagian bawah dan kursi. Sehingga tidak membuat punggung serta pinggang terasa kaku dan pegal.

Shoulder Pad
Fungsi sebagai bantalan daerah bahu atau daerah dada yang bersentuhan dengan seat belt. Tersedia dalam bermacam motif dan merek. Terbuat dari bahan yang lembut sehingga membuatnya nyamai dipakai.

Kacamata
Tidak sekedar untuk menunjang penampilan, pemakaian kacamata juga mengurangi silau saat mengemudi di siang hari. Sekaligus mengurangi paparan sinar ultraviolet yang mampu menyebabkan kerusakan di area sekitar mata.

Jok Pijat
Sesuai namanya, alat ini memiliki fungsi untuk memberikan pijatan-pijatan di area sekitar pinggang, punggung serta leher. Yang bertujuan untuk menghilangkan kelelahan saat harus duduk berlama-lama di dalam mobil. Selain produk tambahan atau aftermarket, beberapa pabrikan mobil juga menjadikannya fitur pada produknya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com