6 Perilaku yang Bisa Membuat Hemat Bahan Bakar

6 Perilaku yang Bisa Membuat Hemat Bahan Bakar

Menghemat konsumsi bahan bakar mobil tak melulu mengenai teknik mengemudi hemat BBM alias eco driving. Perilaku, persiapan mengemudi dan kebiasaan juga menjadi pengaruh hemat tidaknya konumsi bensin mobil.

Mengutip berbagai sumber, setidaknya ada 6 hal, baik teknis dan non teknis, yang harus dilakukan supaya mobil Anda bisa menghasilkan kehematan BBM yang terbaik

.

Apa saja hal tersebut? Simak di bawah ini.

1. Cek tekanan angin
Tekanan angin pada keempat ban merupakan hal yang krusial dalam mencetak efisiensi BBM. Sebelum mengemudi, pastikan keempat ban tak ada yang kempis. Jika nekat menjalankan ban yang kempis, jangan kaget konsumsi bensin jadi boros walau gaya mengemudi sudah eco driving.

2. Berangkat lebih awal
Dengan berangkat lebih awal ke suatu tempat, misal kantor, rapat, janji atau acara apapun maka Anda tak perlu tergesa-gesa memacu mobil. Dengan berkendara lebih santai, maka kehematan bahan bakar mudah tercapai.

 

3. Pakai oli mesin jenis sintetik
Rata-rata produsen oli maupun pabrikan mobil menganjurkan penggunaan oli full-sintetik supaya kerja mesin lebih ringan. Dengan keunggulan kandungan oli sintetik yang mampu membuat kerja mesin lebih ringan dan tak mudah cepat panas, Anda harus bayar lebih mahal dibanding membeli oli jenis mineral.

4. Tak mudah terprovokasi untuk ngebut
Dengan gaya mengemudi agresif sangat sulit untuk mendapat efisiensi bahan bakar ideal. Apalagi bagi beberapa tipe pengemudi, mudah "panas" jika didahului mobil yang seoalh-olah mengajak adu kencang. Dengan menahan emosi, bukan cuma bisa mendapat kehematan BBM, tapi keselamatan juga lebih terjamin.

5. Rajin servis ke bengkel
Efisiensi konsumsi BBM yang terbaik hanya bisa didap oleh mesin yang sehat dan normal. Cara paling benar untuk menjaga kondisi mesin supaya selalu sehat adalah rutin servis sesuai petunjuk buku panduan.

6. Menggunakan bahan bakar yang tepat
Jika mobil Anda adalah sebuah BMW Seri-7 keluaran terbaru dan nekat pakai bensin Pertamina Pertalite maka jangan harap mendapat pemabakaran sempurna. Dengan membiarkan pembakaran yang tak sempurna maka sulit untuk mencetak kehematan BBM yang ideal. Gunakan lah bahan bakar dengan oktan yang sesuai kompresi mesin supaya pembakaran sempurna dan performa mesin tetap terjaga.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com