5 Ventilasi Udara Palsu Toyota Supra Generasi Terbaru

5 Ventilasi Udara Palsu Toyota Supra Generasi Terbaru

Toyota Supra generasi terbaru akhirnya memulai debut globalnya di Amerika Serikat. Supra yang bangkit dari kubur tersebut resmi muncul secara perdana di North American International Auto Show, Detroit. Kemunculan sportcar yang mengundang rasa penasaran masyarakat dunia sejak setahun terakhir ini pun mengundang berbagai komentar.

Salah satu hal yang mendapat hujan komentar adalah desain eksteriornya. Ternyata mobil hasil kerjasama Toyota dengan BMW ini disebut memiliki beberapa ventilasi palsu di sekucur bodinya. 

 

Karena memang hal yang wajar pada desain bodi mobil sport umumnya dilengkapi dengan banyak lubang ventilasi dan air intake. Salah satu fungsinya untuk mendinginkan sistem pengereman. Dilansir dari situs Jalopnik, Toyota Supra lansiran terbaru ini ternyata tidak semua ventilasi itu berfungsi semestinya. 

1.Ventilasi pintu

Pada mobil ini terdapat door vent yang terletak di bagian belakang pintu. Secara konseptual, ventilasi tersebut berfungsi untuk mendinginkan mesin (mobil bermesin tengah) atau mendinginkan sistem rem belakang. Namun di Supra terbaru ini fungsinya masih dipertanyakan.

2.Ventilasi pembuang panas mesin

Yang kedua letaknya pada kap mesin dengan sebutan hood heat extraction vents. Fungsinya adalah untuk membuang panas dari sistem knalpot, khususnya header, terhadap ruang mesin, namun pada mobil ini hanya sebuat hiasan berbahan karet.

3.Ventilasi pendingin sistem rem

Karena performa mesin mobil sport cenderung beringas, umumnya memakai sistem pendingin rem yang terletak pada bumper depan berbentuk ventilasi. Namun pada mobil ini juga tidak ada fungsinya.

4.Ventilasi pendingin depan

Ventilasi tersebut terdapat hampir di semua mobil, tapi biasanya di mobil sport dimensinya lebih besar. Berfungsi untuk memasok udara kepada ruang mesin, sebagai pengaman kompartemen mesin (mesin depan) dan sebagai frame fog lamp. Namun dilihat pada mobil ini tidak memiliki fungsi yang maksimal.

5.Ventilasi pendingin belakang

Terakhir ventilasi pendingin dibagian belakang mobil. Selain fungsinya untuk mendinginkan hawa panas dari muffler dan rem belakang, ventilasi tersebut menjadi ciri khas Toyota modern seperti yang terdapat di Toyota Camry. Namum pada Supra baru ini tidak ada fungsinya. 

 

Teks: Christo

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com