5 Teknik Mengemudi Mobil Otomatik Supaya Hemat BBM

5 Teknik Mengemudi Mobil Otomatik Supaya Hemat BBM

Kenaikan harga bahan bakar minyak alias BBM merupakan fenomena yang tak mengenakkan. Dengan semakin mahalnya harga bensin maka berbagai upaya untuk memngirit BBM mau tak mau harus dilakukan supaya dompet tak cepat tipis.

Berikut kami paparkan tips dan trik dari berbagai sumber untuk pengguna mobil bertransmisi otomatik supaya dapat menghasilkan kehematan BBM yang maksimal. 

 

1. Jangan akselarasi mendadak
Jangan melakukan akselerasi mendadak dengan injak gas secara tiba-tiba. Injak pedal gas secara bertahap sesuai prinsip eco driving. 

2. Jaga putaran mesin
Pertahankan putaran mesin yang konstan dan tak menyentuh redline jika tidak dalam jalan lurus dan kecepatan tinggi. Efektifnya, konsumsi BBM sekaligus tenaga yang cukup bisa dihasilkan pada sekitar 2.500-3.000 rpm saja.

3. Posisikan Netral pada saat lampu merah
Jika kena macet, lampu lalu lintas sedang merah atau pintu perlintasan kereta api lebih baik menempatkan transmisi pada posisi Netral (N) untuk menunggu lampu kembali hijau atau kereta sudah lewat.

4. Jangan rem mendadak
Ketika rem secara mendadak ditekan maka tenaga yang secara konstan melajukan mobil pun bisa hilang seketika, untuk menaikkan tenaga lagi menjadi tak efektif dalam memberikan efisiensi konsumsi bensin. Maka biasakan lah pengereman secara bertahap.

5. Manfaatkan engine brake
Manuver deselerasi dengan melepas gas merupakan salah satu kuncian mengurangi penggunaan rem. Caranya, angkat pedal gas secara perlahan untuk membantu mengurangi kecepatan. Cukup melepas pedal gas, otomatis rasio CVT berubah mengurangi kecepatan secara halus.
 

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com