5 Persiapan Penting Sebelum Mengemudi Dalam Kondisi Hujan

5 Persiapan Penting Sebelum Mengemudi Dalam Kondisi Hujan

Saat musim hujan seperti sekarang ini, kita harus meningkatkan kewaspadaan lebih tinggi dalam berkendara. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa hujan yang turun akan membuat pandangan kita ketika berkendara menjadi terganggu.

Tidak hanya itu, kadang kala pengendalian mobil juga semakin terhambat dan terintrupsi oleh genangan air yang ditimbulkan karena hujan.

 

Namun sebelum berkendara, baiknya Anda menyiapkan kondisi mobil agar selalu prima saat menghadapi hujan yang lebat sekalipun. Berikut cara-cara yang perlu Anda ketahui.

1. Mesin harus dalam kondisi prima,  perhatikan soket kelistrikan dan busi mobil Anda supaya mobil Anda tidak mengalami mogok di jalan.

2. Pastikan ban Anda dalam kondisi yang baik, minimal memiliki ketebalan 1,5 cm agar memperoleh cengkraman baik saat melibas genangan air.

3. Perhatikan tekanan angin ban. Jangan sampai kurang atau kelebihan tekanan, sesuaikan dengan indikator yang ada di bagian dalam pintu mobil, agar meminimalisir gejala aquaplaning yang terjadi.

4. Cek karet dan pastikan wiper dalam kondisi baik agar dapat menjaga pandangan terbaik ketika mengemudi.

5. Pastikan lampu mobil Anda dalam kondisi yang bersih dan berfungsi, untuk membantu pengemudi berkomunikasi dengan pengendara lain saat cuaca hujan, karena dalam kondisi hujan cenderung lebih gelap.

5 cara tersebut perlu diperhatikan sebelum kita berkendara dalam cuaca hujan. "Dengan menyiapkan segala sesuatunya sebelum melaju, maka akan membuat kita lebih aman dan percaya diri saat menerobos hujan dan melewati genangan air di jalan,"ucap Soni Susmana selaku Founder SDCI (Safety Defensive Consultant Indonesia).

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com