5 Hot Hatch yang Menggoda Publik Global

5 Hot Hatch yang Menggoda Publik Global

Memiliki sebuah mobil hatchback dengan dimensi bodi kompak merupakan salah satu pilihan terbaik sebagai mobil harian. Kalau masih belum puas dengan mobil jenis tersebut, terdapat pilihan lain dengan bodi masih terbilang kompak namun performa mesin cukup sangar yakni hot hatch.

Walau di Indonesia segmen mobil "tanpa buntut" ini tergolong meredup perkembangannya, namun di Eropa maupun kawasan lainnya hatchback berperforma tinggi tengah ramai digandrungi. Mari kita update deretan hot hatch yang tersohor secara global, sayangnya sangat sedikit yang dijual di tanah air melalui jalur APM.

 

 

1. Mini John Cooper Works GP

John Cooper Works GP adalah salah satu hot hatch yang digandrungi oleh kawula muda pecinta kecepatan. Walaupun kecil, mesinnya bertenaga sebesar 200 dk dengan kecepatan maksimum sekitar 240 km/jam. Konsumen tidak mendapat kursi belakang dengan alasan untuk mengurangi bobot dan sudah dilengkapi dengan shockbraker coilover yang dapat disetel sesuai keinginan. Kabarnya mobil ini hanya diproduksi sebanyak 2.000 unit saja di seluruh dunia.

 

 

2. Subaru Impreza WRX STI

Siapa yang tidak kenal dengan brand mobil Jepang yang sering menjuarai banyak kompetisi balap reli, yakni Subaru. Salah satu model yang banyak diminati yakni Impreza WRX dan WRX STI generasi terakhir, Subaru tidak hanya membuatnya dengan model sedan saja melainkan ada yang hatchback. Mobil ini dibelaki mesin boxer EJ207 berkapasitas 2.000 twin-scroll turbocharger yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 303 pada 6.500 rpm dan torsi 422 Nm pada 4.400 rpm.

 

 

3. Toyota Yaris GRMN

Banyak yang meragukan performa Toyota Yaris, namun tidak untuk Yaris satu ini karena mobil tersebut diracik langsung oleh rumah modifikasi Gazoo Racing tuned by the Meister of Nurburgring (GRMN). Hot hatch ini dipersenjatai dengan mesin 4 silinder Dual VVT-i berkapasitas 1.800 cc supercharger yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 209 dk dan torsi 250 Nm.  Dilansir dari situs Topspeed, kecepatan maksimum Yaris yang berbeda platform dengan yang ada di Indonesia ini dibatasi di angka 230 km/jam.

 

 

4. Mercedes-Benz A45 AMG

Berikutnya adalah hot hatch asal Eropa, yakni Mercedes-Benz A45 AMG. Dilansir dari situs Road and Track, mobil ini merupakan salah satu hatchback produksi termahal yang pernah ada sekaligus memiliki punya output mesin yang beringas. Dibekali mesin 4 silinder berkapasitas 2.000 cc turbo yang menyimpan tenaga sebesar 376 dk dan torsi 475 Nm. Untuk mengimbangi performa mesin beringas, Mercy memasang transmisi otomatis AMG Speedshift DCT 7 percepatan dengan mode Momentary M dan penggerak 4 roda 4MATIC.

 

 

5. Volkswagen Golf GTI

Tidak sedikit kawula muda yang menggandrungi hatchback satu ini. Dengan desain bodi kompak & simpel, bobot ringan dan performa mesin yang memuaskan menjadi alasannya. Hot hatch ini menggunakan mesin 4 silinder berkapasitas 2.000 cc TSI yang dipasangkan dengan trasmisi otomatik kopling ganda (DSG). Golf GTI memiliki tenaga sebesar 228 dk dengan torsi 258 Nm. Selain desain dan performa mesin, mobil ini cukup dilengkapi dengan fitur-fitur canggih contohnya Sirius XM All Access dan VW Car-Net® App-Connect.
 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com