5 Hal yang Dibutuhkan Tubuh Sebelum Berkendara Jarak Jauh

5 Hal yang Dibutuhkan Tubuh Sebelum Berkendara Jarak Jauh

Saat melewati kemacetan jalanan di ibukota maupun menempuh jarak jauh menuju luar kota tentu kondisi tubuh kita akan semakin melemah. Dan yang pasti terjadi, kondisi lelah saat berkendara dapat mengakibatkan hal-hal fatal seperti menyebabkan kecelakaan.

Oleh karena itu, stamina dan kondisi tubuh yang bugar menjadi aspek yang harus diperhatikan oleh pengemudi agar keselamatan dalam berkendara tetap terjaga.

Merangkum berbagai sumber, berikut kami rangkum 5 langkah yang perlu Anda perhatikan agar tetap aman ketika berkendara jarak jauh 

1.Istirahat cukup

Kurangnya istirahat dapat mempengaruhi konsentrasi pengemudi saat berkendara sehingga dapat membahayakan pengemudi dan penumpang. Faktor kesiapan fisik juga merupakan salah satu penyumbang penyebab kecelakaan dan mungkin terjadi di malam ini. Oleh karena itu ketika esok harinya ingin berkendara jarak jauh, usahakan Anda sudah tidur paling tidak 5 jam.

2.Hindari Stress

Bagi sebagian orang, mengemudi merupakan suatu kegiatan menyenangkan, namun ada juga yang tidak sependapat dengan hal itu. Agar perjalanan menjadi menyenangkan, sebaiknya rencanakan perjalanan lebih awal untuk menghindari jam-jam kemacetan di beberapa tempat tertentu. Selain itu, Anda juga bisa mendengarkan musik favorit untuk mengurangi tingkat stress dan kejenuhan dalam bekendara jarak jauh, karena jika stres maka mengemudi akan tidak mengasikan.

 

3. Cegah Dehidrasi

"Siapkan air putih selama perjalanan agar tidak terjadi dehidrasi saat berkendara.  mengatakan pengemudi yang cukup terhidrasi akan lebih fokus dan lebih mahir dalam berkendara. Selain itu, penting untuk membatasi minum minuman berkafein (seperti kopi, soda dan teh), minuman dengan kadar gula tinggi (kemasan) serta hindari minuman berenergi dan beralkohol saat mengemudi" ucap dr. Daniel Bramantyo

4.   Perhatikan Asupan Makanan

Asupan makanan untuk pengemudi harus di perhatikan. Persiapkan cemilan seperti buah, sayuran, atau jus. Selain itu, makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan gas seperti termasuk nasi putih, pasta, sereal, dan roti, menjadi daftar yang wajib dihindari saat berkendara jarak jauh.

5. Atur Posisi Duduk Senyaman Mungkin

Posisi duduk yang nyaman saat berkendara adalah salah satu yang menjadi perhatian untuk mimimalisir tingkat kelelahan. Posisi duduk yang paling dikerekomendasikan yaitu posisi duduk yang baik adalah posisi tegak 90 derajat.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Tag

 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com