5 Cara Menghemat Konsumsi BBM Harian

5 Cara Menghemat Konsumsi BBM Harian

Agar konsumsi bahan bakar mobil harian Anda lebih irit dari biasanya, tentu bukan cuma kondisi teknisnya yang harus Anda jaga tetap prima. Namun, nyatanya Anda juga perlu menjaga gaya mengemudi dan faktor lainnya.

Jika tertarik mengurangi jatah 'jajan' uang bensin tersebut, beberapa cara ini dapat Anda terapkan dalam keseharian Anda mengemudi.

 

1. Kurangi kecepatan

Penghematan bahan bakar yang optimal terjadi antara kecepatan 50-70 km/jam. Dengan demikian, mengurangi kecepatan dan menjaganya tetap konstan adalah salah satu cara mudah meningkatkan efisiensi bahan bakar.

2. Jangan agresif

Mempercepat laju mobil secara bertahap dan mengubah perpindahan gigi dengan halus dapat menyimpan 20% dari bahan bakar dan mengurangi pemakaian ban. Untuk mobil tertentu yang telah dilengkapi fitur cruise control, Anda bisa memaksimalkannya agar dapat mendapatkan konsumsi bbm yang lebih baik.

3. Pantau terus tekanan ban

Ketepatan tekanan angin ban merupakan hal yang penting untuk penghematan bahan bakar. Sebab jika angin ban tidak sesuai spesifikasi yang ditetapkan maka mesin akan bekerja lebih berat menopang beban hal tersebut membuatnya lebih boros dan berpotensi pecah ban.

 

4. Kurangi muatan tidak penting

Setiap muatan bertambah sebanyak 50 kg yang dibawa oleh suatu kendaraan, hal tersebut membuat konsumsi bahan bakar dapat meningkat sebanyak 1 sampai 2%. Singkirkan beban yang tidak perlu di dalam mobil untuk mengurangi konsumsi bahan bakar.

5. Kurangi aksesoris berlebihan

"Modifikasi berlebihan seperti menggunakan body kit atau mengganti pelek berdiameter besar akan menjadi kendala saat mengemudi dalam kecepatan konstan, selain itu beban kendaraan juga akan bertambah, sehingga akan membuat konsumsi bahan bakar mobil lebih boros," ucap Soni Susmana selaku senior di Safety Defensive Consultant Indonesia.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com