5 Cara Mengemudi Hemat BBM Saat Mudik Lebaran

5 Cara Mengemudi Hemat BBM Saat Mudik Lebaran

Bagi sebagian orang, moment Lebaran merupakan saat untuk melakukan perjalanan panjang pulang menuju daerah asal. Selain dituntut mengemudi dengan aman, pemudik dituntut untuk mengemudi dengan optimal dengan tujuan agar hemat dalam pemakaian bahan bakar.

“Mengemudi dengan baik akan mendapatkan hasil yang optimal, baik dari kenyamanan maupun hemat bahan bakar,” jelas Herman Harsoyo salah satu traveler mengemudi perjalanan jauh dengan mengemudi sendiri. “Perjalanan jauh membutuhkan managermen yang baik agar dapat dilakukan dengan baik dan tetap nyaman,” terang off-roader yang banyak menjelajahi berbagai daerah di Indonesia dengan Toyota Fortuner 4x4 miliknya.

 

Berikut kiat yang harus dilakukan guna mendapatkan konsumsi bahan bakar yang irit selama perjalanan mudik nanti.

1. Mengemudi Cerdas

Hindari mengemudi dengan agresif. Saat di jalan tol, usahakan melaju konstan di kecepatan 60-70 km/jam ideal untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar. Jika Anda melaju di kecepatan 100 km/jam akan menggunakan bahan bakar sekitar 15% lebih banyak ketimbang melaju pada 80 km/jam.

2. Menjaga Putaran Mesin

Lakukan pemindahan gigi (untuk mobil manual) sesuai dengan yang dibutuhkan, jangan sampai melakukan perpindahan gigi di garis merah atau putaran mesin terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Jika putaran mesin terlalu tinggi, maka suplai BBM akan makin banyak. Tapi jika terlalu rendah, butuh injakan pedal gas yang lebih dalam untuk menambah kecepatan.

3. Pakai BBM Dengan Oktan Sesuai

Banyak mesin mobil yang dapat bekerja baik dengan bahan bakar bernilai oktan yang lebih rendah dari rekomendasi pabrik. Kecuali jika terdengar knocking. Tapi performa mesin maupun konsumsi bbm akan membaik saat menggunakan bbm dengan oktan sesuai rekomendasi pabrikan.

4. Jaga Tekanan Ban

Pastikan ban terpompa sesuai dengan tekanan yang direkomendasikan. Ban yang kempes memerlukan lebih banyak bahan bakar, sedangkan tekanan angin ban yang berlebihan akan mengacaukan kendali mobil Anda.

5. Rencanakan Rute Perjalanan

Tentukan rute perjalanan yang akan dilewati sebelumnya. Jangan ragu gunakan gadget GPS dalam merancang perjalanan. Cek rencana perjalanan sesaat sebelum berangkat untuk mendapatkan akurasi perjalanan.

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com