4 Tips Mengemudi Dalam Kondisi Kabut Asap

4 Tips Mengemudi Dalam Kondisi Kabut Asap

Kabut asap yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia tak hanya memiliki efek yang tidak baik bagi kesehatan, namun juga mengganggu aktifitas sehari-hari dan menghambat mobilitas.

Bagi Anda yang menghabiskan keseharian di jalan, tentu kabut asap tersebut juga memperburuk jarak pandang Anda saat mengemudi. Oleh sebab itu, ada beberapa faktor keselamatan yang perlu Anda terapkan ketika Anda mengemudi di tempat yang minim jarak pandang.

Berikut adalah 4 tips dari sejumlah pakar saat mengemudi dengan kondisi kabut asap.

1. Jaga Kecepatan

Semakin rendah kecepatan saat Anda saat mengemudi, tentunya akan semakin mudah mendapatkan visibilitas yang baik, dan semakin besar ruang aman yang ada di sekeliling mobil. Sangat dianjurkan Anda memiliki jarak 25 meter dengan mobil di depan.

2. Awas Sekeliling

Membaca kondisi sekeliling mobil terutama di bagian depan tentu sangat diperlukan ketika jarak pandang sangat terbatas. Hal ini agar kita mampu mengantisipasi ketika ada objek yang membahayakan di depan dan dapat mengancam keselamatan.

Foto: Greenpeace Indonesia

 

3. Menyalakan Lampu

Menyalakan lampu utama cukup diperlukan saat mengemudi di daerah yang berkabut, hal ini bertujuan agar dapat berkomunikasi dengan keberadaan lain, dan mobil kita dapat diketahui oleh pengguna jalan lain. Jika sedang tidak berhenti jangan pernah menyalakan lampu hazzard.

4. Fokus Pengereman

"Saat mengemudi di tempat yang penuh kabut dan jarak pandang tidak baik, tentu kaki kita harus siap siaga di atas pedal rem. Hal ini wajib dilakukan untuk menghindarkan kita dari kecelakaan ketika ada objek yang berhenti mendadak di depan", jelas Soni Susmana selaku Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI).

 

Sementara Kepala Divisi Rescue Bencana, IOF Pusat dan Asessor Penanggulangan Bencana (BNPB), Handito menambahkan ketika kita melewati jalan yang berkabut, usahakan menggunakan sinyal suara atau klakson ketika melihat objek di depan yang terlihat samar-samar.

Kemudian pentingnya mencermati patokan sisi jalan dengan kendaraan, agar tetap mengemudi di posisi yang benar.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com