4 Cara Menggunakan Sabuk Pengaman yang Benar

4 Cara Menggunakan Sabuk Pengaman yang Benar

Sabuk pengaman adalah perangkat keselamatan standar yang ditemukan sejak tahun 1955. Sejak saat itu sabuk pengaman wajib digunakan oleh para pengemudi agar menghindari kejadian yang tidak diinginkan, seperti halnya bergeser dari posisi mengemudi ketika terjadi tabrakan.

Namun, meskipun sudah ditemukan sejak lama. Hingga saat ini masih banyak yang belum benar cara menggunakannya. Berikut beberapa cara yang tepat menggunakan sabuk pengaman.

 

1. Pakailah Sabuk Bagian Atas Dengan Benar

Banyak yang tidak nyaman dengan sabuk bagian atas, karena mungkin lingkar perut yang besar atau faktor sesak karena terlalu banyak makan. Namun perlu diketahui hal tersebut membuat kemampuan sabuk pengaman untuk melindungi kelsamatan semakin menurun.

Sabuk tersebut dirancang untuk memberikan kekuatan pada area tubuh Anda, dan jika Anda tidak menempatkan tali ini pada bagian tubuh Anda dengan benar, kekuatan untuk melindungi diri Anda tidaklah mungkin terjadi.

2. Atur Posisi Duduk Dengan Benar

Duduklah dalam posisi yang tegak, sejajarkan punggung dengan sandaran kursi Anda. Hindari untuk menurunkan posisi kursi lebih dari yang Anda butuhkan. "Jangan menurunkan sandaran secara berlebihan, ketika terjadi suatu kecelakaan maka sabuk tersebut bisa saja melewati pinggang dan menahan perut Anda sehingga dapat menyebabkan cedera yang lebih serius," jelas Soni Susmana selaku Founder Safety Defensive Consultant Indonesia.

3. Atur Tali Sabuk Bagian Bawah

Pastikan tali bagian bawah sabuk Anda berada di atas sekitar pinggang Anda. Sabuk pengaman didesain untuk memberikan kekuatan pada panggul Anda agar tubuh Anda tidak terlempar jauh ketika terjadi kecelakaan.

 

4. Pastikan Sabuk Pengaman Anda Terkunci Dengan Benar

Kencangkan sabuk pengaman hingga terdengar suara ‘klik’ ketika sedang menguncinya. Uji kepastian dari sabuk Anda dengan cara menariknya sesekali. Jika sabuk tersebut tidak terlepas dari slot kunci, itu berarti sabuk pengaman dapat digunakan dengan aman. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa sabuk pengaman benar-benar telah terkunci dan dapat membantu melindungi Anda selama perjalanan.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com