4 Bahan Rumahan Untuk Jaga Kemilau Ornamen Chrome

4 Bahan Rumahan Untuk Jaga Kemilau Ornamen Chrome

Kendati semakin sedikit digunakan pada mobil-mobil modern namun tetap saja chrome (krom) muncul setidaknya sebagai pemanis.

Terdapat perbedaan antara krom yang digunakan pada mobil-mobil sepuh dan mobil modern. Mobil sepuh biasanya menggunakan crom dengan bahan logam sebagai materialnya. Sedang mobil baru gunakan bahan plastik.

Namun antara keduanya memiliki kesamaan dalam merawat kecemerlangannya. Caranya pun tergolong mudah dan murah serta menggunakan bahan yang mudah dicari di rumah.

 

“Beberapa bahan yang ditemui di rumah bisa digunakan. Baik itu dengan cara perawatan basah (menggunakan media air) ataupun perawatan tanpa air,” terang Haryadi Nugroho salah detailer panggilan yang banyak menjadi langganan pemilik showroom mobil di wilayah Jakarta Selatan dan Timur ini.

Berikut bahan dan cara membersihkannya

1. Sabun cair cuci piring

Campur sambun cair dengan air secukupnya. Bisa menggunakan air hangat untuk mendapat efek mengangkat kerak lebih kuat. Campuran air dan sabun cair cuci piring merupakan cara cuci basah dan digunakan sebagai langkah pembuka untuk melakukan treatmen perawatan tanpa air.

2. Pasta gigi

Pasta gigi putih dioleskan pada permukaan krom hingga merata dan bagian krom yang sudah berkerak. Diamkan hingga sedikit mengering. Gosok dengan lap bersih. Tips ini tepat dipergunakan pada permukaan chrome yang sudah memiliki kerak air dan buram

3. Minyak kayu putih

Tuangkan minyak kayu putih ke kain lap bersih, lalu gosokkan pada permukaan krom yang kotor dan dibiarkan menguap. Setelah kering, bersihkan dengan lap bersih. Tips ini cocok digunakan pada permukaan krom yang sudah mulai memburam.

4. Bedak

Taburi permukaan krom dengan bedak, kemudian dilap dan dibersihkan dengan kain bersih. Kiat ini pas diperuntukkan sebagai langkah perawatan krom yang masih baik kondisinya.

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com