3 Hal ini Sebabkan Oli Transmisi Matic Harus Diganti Lebih Cepat

3 Hal ini Sebabkan Oli Transmisi Matic Harus Diganti Lebih Cepat

Transmisi matic konvensional atau yang disebut sebagai power shift transmission tak berlebihan jika disebut sebagai yang paling populer. Jenis transmisi satu ini banyak digunakan secara luas pada berbagai jenis mobil mulai mobil pribadi hingga transportasi umum seperti bis.

Oli transmisi matik atau Automatic Transmission Fluid (ATF) menjadi jantung utama bagi jenis transmisi ini. Melalui oli transmisi inilah girboks matik mampu bekerja menyalurkan daya mesin sehingga mampu menggerakkan kendaraan. Sehingga harus diganti secara rutin agar transmisi tetap bekerja secara optimal.

 

“Karena umur pakai, maka oli transmissi matik harus diganti secara rutin. Ada hitungan untuk melakukan penggantian oli tersebut,” jelas Shofwatuzzaki, Shell B2C Lubricants Technical Manager Indonesia, beberapa waktu silam.

Umumnya, pabrikan telah memberikan batas waktu penggantian rutin berdasarkan jarak tempuh. Angkanya bervariasi, bahkan ada yang menyarankan untuk mengganti hingga jarak 100 ribu kilometer. “Angka yang dideklare oleh pabrikan mobil ini itu merupakan hitungan ideal yang dikeluarkan oleh pabrikan mobil, sedangkan pada prakteknya terkadang tidak demikian,” sambungnya. “Sebaiknya jika berada di daerah kemacetan, ganti ATF sebelum di angka yang diajurkan, semisal 5 ribu kilometer lebih awal dari jadwal semestinya,” sambungnya. "Ganti oli lebih awal lebih baik daripada terlambat," tutupnya.

Menurut Zaki ada beberapa hal lain yang menyebabkan umur ATF jadi lebih pendek.

1. Kondisi jalanan / kontur jalanan. Semakin banyak naik-turun maka transmisi semakin bekerja dengan keras sehingga berpengaruh pada kualitas oli transmisi.

2. Kemacetan merupakan kondisi yang memangkas secara signifikan usia pakai ATF. Walau tidak produktif dalam menghasilkan tambahan jarak tempuh, namun tetap saja terdapat perputaran pada unit torque converter di transmisi matik

3. Kebiasaan mengemudi yang salah menjadi alasan jarak tempuhnya terpangkas. Menahan gigi pada posisi D saat macet akan memperpendek usia ATF sekaligus usia pakai pelat kopling.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com