3 Cara Mudah Agar Ban Mobil Tetap Awet

3 Cara Mudah Agar Ban Mobil Tetap Awet

Satu satunya bagian dari mobil yang langsung bersentuhan dengan permukaan jalan tentunya ban. Selain itu, ban juga bekerja untuk menopang daya angkut dan membuat pengendalian mobil lebih stabil.

Oleh karenanya, ban merupakan salah satu bagian dari perangkat keselamatan dalam mobil. Untuk itu, kita wajib menjaganya supaya tetap aman berkendara.

1. Periksa tekanan angin ban

Ban kurang angin juga bisa mengakibatkan hilang kontrol dan kecelakaan. Karena itu, ada baiknya melakukan pengecekan angin secara berkala dan isi kembali jika kurang. Pengisian bisa dilakukan sesuai buku manual atau yang terdapat pada pintu mobil.

 

2. Merotasi ban

Merotasi ban secara berkala, setidaknya bisa dilakukan mulai dari 7.000-10.000 kilo meter. Rotasi ban ini dilakukan dari kiri depan ke kanan belakang dan kanan depan ke kiri belakang. Merotasi ban dipercaya dapat memberikan kinerja yang sama di setiap bannya. Sebaliknya, jika tidak merotasi ban, biasanya ada beberapa bagian ban yang justru akan lebih cepat habis atau aus secara tidak merata.

3. Lakukan pengecekan visual

Pengemudi atau pemilik mobil juga harus melakukan pengecekan visual secara teratur. Cara ini tak perlu ke bengkel, sebab Anda cukup memeriksanya jika merasa telah melaju di kondisi jalan berlubang atau menabrak trotoar bahkan puing-puing di jalanan. Jika terdapat tonjolan atau sayatan, hal ini bisa saja berakibat mengurangi daya tahan internal ban. Bahkan hal terburuk adalah ban bisa meledak.

"Pengecekan ban secara visual perlu dilakukan setiap sebelum berkendara, agar kita mengetahui kondisi ban yang akan digunakan, karena hal tersebut akan mempengaruhi keamanan kita di jalan," ucap Soni Susmana selaku Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com