10 Teknologi Tua yang Masih Ada di Mobil Modern

10 Teknologi Tua yang Masih Ada di Mobil Modern

Mobil modern saat ini telah memiliki berbagai fitur-fitur canggih. Mulai dari fitur kenyamanan, keamanan, hingga fitur yang membuat pengemudi mudah mengendarai mobilnya. Ternyata walaupun mobil modern memiliki fitur-fitur canggih, masih terdapat beberapa fitur yang masih dipakai dari jaman dahulu.

Hasil dari melansir berbagai sumber, berikut adalah 10 teknologi tua yang diketahui masih ada di mobil modern.

1. High-Beam Assist

High-Beam Assist adalah teknologi sebuah sensor yang dipasang untuk mendeteksi lampu depan dan belakang mobil lain di depan mobil. Teknologi High-Beam Assist sendiri telah ditemukan sejak 1952 yang dicanangkan oleh General Motors Guide Lamp Division. Saat ini, teknologi ini masih digunakan oleh sejumlah brand pabrikan mobil ternama di dunia.

2. Cruise Control

Teknologi Cruise Control telah hadir sejak tahun 1948 yang digagas oleh Ralph Teetor. Teknologi ini sampai sekarang masih digunakan pada sejumlah mobil, baik dikelas menengah hingga kelas mobil mewah. Sistem Cruise Control adaptif pertama dibuat oleh Mitsubishi pada tahun 1992 dan menggunakan lidar untuk mendeteksi kendaraan di depan untuk menyesuaikan kecepatan mobil.

 

3. Transmisi Otomatik Konvensional

Siapa yang tidak kenal transmisi otomatik alias matic? saat ini hampir semua mobil modern memiliki varian transmisi otomatis. Ternyata transmisi otomatis bukanlah teknologi baru, model transmisi ini telah ditemukan pertama kali oleh dua insinyur Brazil, Jose Braz Araripe dan Fernando Lehly Lemos pada 1932. Mereka menjual prototipe transmisi otomatis kepada General Motors yang akhirnya disempurnakan menjadi transmisi Hyrda-Matic tiga kecepatan pada tahun 1939.

4. Mesin Hybrid

Mesin Hybrid ternyata telah diciptakan sejak dahulu kala. Mesin hybrid digagas pada akhir 1920-an dan dirancang oleh perusahaan Amerika, General Electric. Saat ini mobil bermesin hybrid telah ramai diperbincangkan sebagai teknologi terbaru. Beberapa brand mobil juga mempunyai model hybridnya sendiri, seperti Toyota Prius, Mitsubishi Outlander PHEV, Nissan X-Trail Hybrid.

5. Lampu Sein

Lampu Sein, indikator belok, sinyal belok merupakan alat yang membantu pengemudi untuk berkomunikasi dengan pengemudi lain sebelum berbelok. Rasanya tidak mungkin jika mobil tidak memiliki alat bantu yang satu ini. Ternyata lampu sen sendiri telah hadir sejak 1907. Namun tidak umum dipasang pada mobil produksi hingga tahun 1938.

6. Turbocharger

Belakangan ini di Indonesia banyak model mobil keluaran terbaru dari beberapa brand yang menggunakan teknologi turbo. Walaupun telah dikenal cukup lama, ternyata teknologi ini hadir lebih lama dari yang kita perkirakan. 1905 menjadi tahun awal ditemukannya teknologi turbocharging yang dipatenkan oleh insinyur Swiss Alfred Buchi. Membutuhkan 20 tahun bagi turbocharging untuk menjadi sarana peningkatan daya mesin yang layak digunakan.

7. Wiper Kaca Depan

Siapa yang engga tahu wiper kaca depan? alat ini sangat membantu pengemudi ketika menerjang hujan yang sangat deras. Teknologi ini juga hadir di setiap model mobil keluaran terbaru saat ini. namun siapa sangka, wiper kaca depan ini sudah diciptakan sejak tahun 1896. Namun model terdekat dengan yang digunakan saat ini berasal dari tahun 1903. Terdapat tiga penemu yang mengklaim mematenkan pembersih kaca depan, tetapi Mary Anderson dari Amerika menjadi pencipta blueprint electric wiper.

8. Rem Tromol

Meskipun sekarang banyak penggunaan mobil modern menggunakan rem cakram, masih banyak pengaplikasian rem tromol pada mobil komersial atau double-cabin. Rem tromol digagas oleh Maybach pada tahun 1900 yang kemudian dipatenkan Louis Renault dua tahun kemudian. Rem Tromol terakhir kali dipatenkan pada tahun 1917 dan masih digunakan hingga saat ini.

9. Outlet 12 Volt

Wadah outlet 12 volt telah dirancang oleh penemu Jerman, Friedrich Wilhelm Schindler pada awal 1880-an. Tentu saja, pada saat ini outlet ini tidak digunakan untuk mengisi daya gadget seperti saat ini, tetapi melainkan sebagai pemantik rokok. Saat ini outlet 12 volt ini menjadi kebutuhan wajib setiap mobil penumpang.

10. Auxiliary Plug

Auxiliary plug atau plug audio telah hadir sejak tahun 1877. Meskipun sejak ditemukan, fitur tersebut tidak banyak digunakan dalam sistem audio mobil hingga awal 1990-an. Hingga saat ini teknologi tersebut masih digunakan sejumlah model mobil. Walaupun banyak yang telah menggantinya dengan USB atau Bluetooth.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com