Wajib Tahu, Ini Penyebab Mika Lampu Mobil Cepat Kuning dan Kusam

 Afrizal Abdul Rahman    18 March, 2023
Tips

Penerangan lampu menjadi bagian penting setiap kendaraan, namun seiring berjalanya waktu mika lampu berubah warna menjadi kusam atau kuning.

Tentunya ketika mika lampu kusam penerangan lampu menjadi kurang maksimal, dan membuat pengemudi harus lebih ekstra ketika berkendara di malam hari.

Ternyata selain usia, ada beberapa penyebab mika lampu menjadi kusam atau kuning. Hal tersebut dikatakan oleh Kelvin Ong, selaku Manager Rotary Auto, Sawangan, Depok.

"Mika lampu berubah warna menjadi kuning itu bisa karena paparan sinar matahari langsung, dan cuaca," katanya, kepada OtoDriver.com baru-baru ini di Depok.

Tak hanya itu saja, pemilihan bohlam sembarangan juga bisa menjadi salah satu penyebab. Ia mengatakan, ketika watt lampu tidak sesuai standar pabrik bisa menimbulkan panas yang di atas rata-rata.

"Kalau cara pasang lampu sembarangan itu juga bisa membuat paparan sinar matahari menjadi lebih panas, dan usahakan standar pabrik. Kalau tidak itu bisa merembet ke masalah lain, seperti reflektor juga cepat rusak," tambahnya.

Pria yang akrab disapa Kevin menyarankan untuk memilih lampu projector lamp atau kerap disebut lampu projie untuk memaksimalkan cahaya agar mika tidak cepat kusam.

"Kalau projie itu kan lebih hemat wattnya, jangan membeli yang harganya murah tapi bisa membuat masalah baru," tungkasnya.

Jadi, beberapa masalah di atas bisa menyebabkan mika lampu menjadi kusam.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

TipsPerlukan Fog Lamp Dihidupkan Saat Hujan? 14 February 2024TipsShockbreaker Mobil Rusak Jangan Disepelekan, Bisa Pengaruhi Kondisi Ban 29 September 2023TipsTanda Aki Mobil Minta Jajan, Apa saja?18 July 2023TipsBikin Mika Lampu Mobil Kembali Kinclong, Siapkan Dana Segini25 March 2023

Trending

Toyota Land Cruiser FJ Bakal Dibanderol Setara Fortuner?
Oli Milik Anak Bangsa Ini Tunjuk Artis Legenda Menjadi Brand Ambassadornya
SPY SHOT: Toyota Rush Versi Penyegaran 2024
Kecelakaan Beruntun Halim Libatkan Kona Electric, Bukti Mobil Listrik Aman Terhadap Tabrakan
Perusahan Mobil Asal China, GWM Buka Dealer Pertama di Indonesia

Berita Terbaru

BeritaSuzuki Australia Recall Jimny Lansiran 2018-2019, Bagaimana Dengan Indonesia?6 jam laluBeritaSyugo Watanabe Resmi Jadi Bos Baru Honda Indonesia. Hybrid Jadi Jembatan Ke Full EV7 jam laluBeritaCatat, Ada Tujuh Tol Fungsional Gratis Buat Mudik 20248 jam laluBeritaHSR Luncurkan Speedster, Pelek Khusus Mobil Berukuran Kecil9 jam laluBeritaDigeber Jakarta-Semarang, Segini Konsumsi BBM Toyota Agya9 jam laluBeritaKorlantas Polri: Operasi Ketupat Lancarkan Arus Mudik 202410 jam laluKomparasiKomparasi Tenaga Motor Listrik, Kapasitas Baterai, Serta Range Mercedes-EQ EQE vs BMW i511 jam laluBeritaPertamina: Kehabisan BBM Di Jalan Saat Mudik Bisa Kontak 13512 jam lalu