Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Komparasi

Kia Seltos VS HR-V 1.5. Siapa Paling Irit?

Agar berimbang, kami bandingkan hasil tes konsumsi bahan bakar Seltos dengan HR-V bermesin 1.500 cc. Alasannya simpel, karena Kia hanya menjual Seltos dengan mesin berkubikasi 1.400 di Indonesia.
Komparasi - Sabtu, 28 Maret 2020 13:00 WIB
Penulis : Danu P Dirgantoro


Kehadiran Kia Seltos awal tahun ini cukup menghebohkan kelas compact crossover. Berkat kehadiran unit asal Korea Selatan ini, kelas tersebut kian ramai saja pemainnya.

Namun tak bisa dipungkiri kelas ini masih dipegang oleh Honda HR-V sebagai jagoannya. Eksistensinya sudah cukup lama, variannya beragam, nama besar Honda yang cukup wangi citranya di tanah air, membuat HR-V laris di pasaran.

BACA JUGA

Agar berimbang, kami bandingkan hasil tes konsumsi bahan bakar Seltos dengan HR-V bermesin 1.500 cc. Alasannya simpel, karena Kia hanya menjual Seltos dengan mesin berkubikasi 1.400 di Indonesia.

Lantas bagaimana hasilnya? Seltos yang kami uji belum lama ini mampu menorehkan angka konsumsi BBM terbaik 17-18 km/liter. Angka tersebut merupakan konsumsi BBM pada rute tol. Sedangkan pada rute dalam kota, hasil tesnya adalah 12,1 km/liter.

Bagaimana dengan HR-V? Ternyata tipis bedanya dibanding crossover asal negeri ginseng tersebut. Dalam pengujian yang kami lakukan pada tahun 2016, HR-V bermesin 1.500 cc mampu mengukir kehematan 17 km/liter untuk rute tol. Sedangkan rute dalam kota lebih irit dibanding Seltos, yakni 13,9 km/liter!

Hasil tes

Seltos
Dalam kota: 12,1 km/l 
Tol: 17-18 km/l 

HR-V 1.5
Dalam kota 13,9 km/l
Tol: 17 km/l

Walau waktu pengetesannya terpaut jauh, namun metode yang kami gunakan sama saja. Di rute dalam kota kami selalu menjalankan keduanya dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam. Sedangkan di tol kami lesatkan secara konstan di kecepatan 90 km/jam.

Honda kerap menyebut salah satu kuncian kehematan BBM HR-V adalah berkat teknologi transmisi otomatik CVT-nya. Namun dalam mempromosikan produknya, Kia tak mau kalah membanggakan teknologi dual clutch yang dianut Seltos. Dalam pengujian yang kami lakoni memang dalam manuver akselarasi Seltos terasa tak ada jeda 'nafas' dalam menyalurkan tenaga. 


Tags Terkait :
Komparasi Kia Seltos Honda HR-V
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Artikel Terkait

Komparasi
Kia Rio VS Mazda 2, Mana yang Lebih Irit?

4 tahun yang lalu


Komparasi
Kia Rio VS Honda Jazz, Mana yang Lebih Irit?

4 tahun yang lalu


Komparasi
Daftar Tenaga Mesin Medium Hatchback Indonesia

4 tahun yang lalu


Komparasi
Jazz VS Yaris VS Rio, Mana yang Akselerasinya Paling Cepat?

4 tahun yang lalu


Terkini

Mobil Listrik
Selisih Rp 11 Jutaan, Wuling Air ev Lite Kini Punya Opsi Long Range

7 jam yang lalu


Berita
Teruci Bawa Konsep 'Hijau' Dalam Rayakan Ulangtahun Ke 17

8 jam yang lalu


Berita
Toyota Kembangkan Supra V8 Untuk Saingi Chevrolet Camaro dan Ford Mustang

14 jam yang lalu


Berita
Toyota Camry 2025 Salah Satu Mobil Paling Aman di Australia, Ini Buktinya

14 jam yang lalu


Berita
BYD Dominasi Penjualan EV di China, Sisanya Hanya Ada Wuling di 10 Besar Terlaris

15 jam yang lalu