FIRST DRIVE: Wuling Alvez Rute Solo-Yogyakarta Via Gunung Kidul

 Aditya Widiutomo    27 May, 2023
First Drive

Wuling Alvez telah resmi mengaspal di tanah air. Mobil ini punya banderol yang menarik di kelasnya. Tipe terendah dipasarkan dengan harga Rp 209 juta dan tipe tertingginya dibanderol dengan harga Rp 295 juta.

Kami pun berkesempatan untuk mengetes SUV B-Segment paling terjangkau ini dengan rute Solo Jawa Tengah ke Yogyakarta melewati area Gunung Kidul yang memiliki kontur jalan berliku-liku. Lantas, bagaimana rasanya?

Pertama-tama kami masuk terlebih dahulu ke balik kemudi Wuling Alvez ini. Kesan pertamanya adalah desain modern yang cukup atraktif berkat desain dasbor yang menurut kami estetik. Headunit berdesain floating apalagi dipadukan dengan instrument cluster digital yang membuatnya  tampil dengan kesan modern.

Untuk posisi berkendaranya sendiri, memang pengaturannya masih cukup terbatas. Setir hanya bisa diatur secara tilt tetapi untuk postur tubuh tester dengan tinggi 177 cm masi terasa cukup baik. Hanya saja ruang kaki pengemudi terasa bukan yang terbaik di kelasnya.

Langsung kita jalankan Wuling Alvez ini melalui jalan yang berliku-liku dan menanjak. Kami merasakan sebenarnya mesin 1.500 cc bertenaga 106 dk dan torsi 145 Nm memiliki potensi yang lebih. Namun transmisi otomatik CVT-nya terasa kurang responsif sehingga tenaga tidak tersalurkan begitu instan. Jadi, menjajal Wuling Alvez di jalan yang menanjak,  harus memasukkan transmisi ke mode S atau bahkan mode manual sekalipun.

Kendati demikian, bantingan suspensi Alvez terasa baik. Peredaman terasa halus, pengendalian pun kami nilai akurat. Jadi melalui jalan yang berliku di daerah Gunung Kidul dengan Wuling Alvez pun terasa percaya diri.

Kesimpulan

Untuk harganya yang bisa dikatakan tidak masuk akal di kelasnya, Alvez kami nilai sangat worth. Dengan banderol harga tak sampai Rp 300 juta, Anda bisa memiliki sebuah SUV kompak yang memiliki desain eksterior dan interior atraktif, fitur cukup berlimpah, dan bantingan suspensi yang baik. Namun memang mobil ini memiliki beberapa kekurangan, seperti posisi duduk dan performa bukan yang terbaik di kelasnya.

Kelebihan

  1. Fitur berlimpah untuk harga jualnya
  2. Bantingan suspensi empuk
  3. Handling baik

Kekurangan

  1. Tenaga mesin kurang instan
  2. Posisi berkendara bukan yang terbaik di kelasnya

Spesifikasi

Wuling Alvez EX

Harga: Rp 295 juta

Kapasitas mesin: 1.500 cc 4 silinder

Tenaga maksimum: 106 dk

Torsi maksimum: 145 Nm

Penggerak: Roda depan

Foto tambahan

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaWuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja4 hari laluBeritaAkhirnya, Wuling Sediakan Fasilitas Fast Charging Dengan Port GB/T07 April 2024BeritaWuling Siapkan 55 Bengkel Siaga Di Lebaran 202406 April 2024BeritaWuling Tebar Logam Mulia Di Program Spesial Idul Fitri 1445 H05 April 2024

Trending

500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Toyota Startlet Reborn Bakal Berwujud Mobil Listrik

Berita Terbaru

BeritaSuzuki Jimny 5-door Dikirim Ke Konsumen Di Seluruh Penjuru Negeri2 jam laluBeritaAzdome, Dashcam Canggih Nan Terjangkau Untuk Tingkatkan Keamanan Berkendara5 jam laluBeritaHyundai N Brand Lahir Dari Ajang WRC10 jam laluBeritaTransaksi di SPKLU Naik Drastis Selama Musim Arus Mudik Dan Balik12 jam laluBeritaSPY SHOT: BYD Double Cabin Terlihat Lebih Jelas13 jam laluTipsPasca Mobil Dibawa Mudik, Hal Ini Kerap Terjadi14 jam laluBeritaJasa Marga: Arus Balik 1,3 Juta Kendaraan Masuk Jabodetabek16 jam laluCrash TestVIDEO: Crash Test Mitsubishi Triton Generasi Terbaru (ANCAP)16 jam lalu