Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Toyota Siapkan Mesin Baru.Optimis ICE Masih Relevan

Mesin bakar bukanlah musuh, yang jadi masalah adalah karbon yang dihasilkannya
Berita - Jumat, 31 Mei 2024 10:00 WIB
Penulis : Suryo Sudjatmiko


OTODRIVER - Chairman Toyota, Akio Toyoda memperkirakan kendaraan listrik bertenaga baterai tidak akan pernah melampaui pangsa pasar 30 persen. Ia juga meyakini internal combustion engine (ICE) bukanlah musuh bersama, melainkan karbon yang disemburkannya.

Tak mengherankan apabila kemudian produsen Jepang ini masih saja kukuh mengejar ICE dan melakukan berbagai pengembangan.

Salah satunya adalah hadirnya mesin empat silinder baru yang diumumkan dalam minggu ini.

BACA JUGA

Tak kurang dari tiga mesin terungkap dalam konferensi gabungan Toyota, Mazda dan Subaru.

Motor 1 mengabarkan bahwa, mesin pertama adalah dapur pacu 1.5 liter naturally aspirated dengan dimensi 10% lebih kecil dan bobot 10% lebih ringan. Dikabarkan mesin baru akan lebih bertenaga namun juga lebih efisien.

Rincian spesifik mengenai output dan penghematan bahan bakar belum dirilis, lantaran mesin tersebut masih dalam pengembangan. Namun Toyota memamerkannya pada prototipe Prius.

Dengan dimensi lebih kecil, maka Toyota bisa menurunkan kelandaian kap mesin yang mengakibatkan mobil akan jadi lebih aerodinamis yang berpengaruh pada konsumsi bahan bakar.

Mesin kedua yang juga masih dalam rangka pengembangan adalah mesin 1.5 liter turbocharged. Volumenya akan 20% lebih kecil dibandingkan denganmesin 2.5 liter naturaly aspirated yang saat digunakan.

Dari dimensi mesin ini akan lebih pendek kurang lebih 15%, namun pihak Toyota membeberkan bahwa mesin ini akan punya output yang sama dengan 2.5 liter non turbo, tapi akan lebih efisien sekitar 30%.

Mesin ketiga adalah unit 2.0 liter turbocharged. Dibandingkan dengan mesin 2.4 liter turbo yang ada saat ini, ia punya volume 10% lebih kecil. Kendati demikian, Toyota menjanjikan tenaga yang lebih besar dan efisiensinya 30 % lebih baik.

Mesin-mesin inilah yang kelak akan dikolaborasikan juga dengan mengaplikasi teknologi hybrid dan plug-in hybrid.

Mesin 1.5 NA baru dalam pengembangan

Finacial Times mengutip seseorang yang dikatakan mengetahui agenda Toyota dan mengatakan bahwa mesin inline four ini akan debut di salah satu mobil hybrid (HEV) jelang akhir tahun 2026. Lebih menarik lagi, Financial Times membeberkan bahwa beberapa varian mesin juga akan digunakan untuk dapat mengasup bahan bakar diesel

Lalu mengapa sang raksasa Three Ovals ini bersedia bekerja sama dengan Subaru dan Mazda? Hal ini tak lain karena saat ini Toyota memiliki 20% saham Subaru dan 5% di Mazda.

Terlepas dari pengumuman mesin baru untuk hibrida dan PHEV yang "kaya listrik", Toyota sedang mempertimbangkan untuk membangun rantai pasokan bahan bakar netral karbon. Untuk mewujudkannya, perusahaan ini bekerja sama dengan perusahaan minyak Jepang Idemitsu Kosan, perusahaan minyak terbesar di negara itu Eneos, dan Mitsubishi Heavy Industries. Tujuannya adalah untuk menjaga mesin pembakaran internal tetap hidup dalam jangka panjang melalui dekarbonisasi. (SS)

 


Tags Terkait :
Toyota Mesin 4 Silinder Baru Mesin Dimensi Lebih Kompak Efisien Hemat Bbm
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Artikel Terkait

Berita
Toyota Siapkan Mesin Baru.Optimis ICE Masih Relevan

4 minggu yang lalu


Berita
GALERI: All New Toyota Agya LCGC

1 tahun yang lalu


Berita
Ada 6 Varian Toyota All New Yaris Cross, Harga Termurah Rp 351 Juta

1 tahun yang lalu


Berita
Toyota Vios Generasi Terbaru Resmi Debut Di Thailand

1 tahun yang lalu


Terkini

Berita
Neta L Resmi Diluncurkan Dengan Banderol Mulai Rp 315 Jutaan

1 jam yang lalu


Komparasi
Perbandingan Wuling Cloud EV dengan BYD Dolphin, Mana Yang Lebih Menarik?

2 jam yang lalu


Berita
EV Melambat, Mercedes-Benz Malah Getol Kembangkan Kembali Mesin Bakar

2 jam yang lalu


Berita
Demi Percepat Peralihan ke Mobil Listrik, Suzuki Suntik Mati 4 Model Lawas Termasuk Swift

3 jam yang lalu


Berita
Suzuki Jimny Pikap Dikabarkan Dalam Tahap Pengembangan

5 jam yang lalu