Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Nissan Tegaskan Tidak Ada Sharing Platform Patrol dan Pajero

Nissan Patrol dan Mitsubishi Pajero tidak akan bertemu di kelas yang sama
Berita - Rabu, 18 September 2024 10:00 WIB
Penulis : Suryo Sudjatmiko
Render


OTODRIVER - Bergabungnya Mitsubishi pada Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi diharapkan dapat menghasilkan kerjasama untuk menghasilkan efisiensi baik pada produksi ataupun R&D.

Namun bukan berarti ketiganya dapat berbagi semua suku cadang, pengembangn dan rekayasa. Selain itu saat ini ketiganya ditargetkan pada pasar dan pelanggan yang berbeda.

Menggutip dari Drive.com.au, satu contoh yang tidak akan dibagi adalah Nissan Patrol.  Meski sebelumnya Nissan mengakui telah berbincang dengan Mitsubishi untuk menggunakan sasis Patrol ini yang disebut-sebut akan digunakan sebagai pondasi dari kehadiran kembali Pajero. Mohon digarisbawahi bahwa yang kita bincangkan ini adalah Pajero dan bukan Pajero Sport.

Nissan Patrol Gen VII - Y63 dan Gen IV Pajero
BACA JUGA

Ivan Espinosa, wakil presiden strategi produk Nissan, juga menyimpulkan bahwa Patrol dan Pajero memiliki filosofi yang berbeda. Espinosa membeberkan bahwa Patrol dan Pajero berada dalam kategori ukuran yang sama sekali berbeda. Nissan adalah SUV ukuran penuh yang sebenarnya, sedangkan Pajero lebih merupakan model ukuran menengah, keduanya memiliki pesaing yang berbeda. Ada juga perbedaan harga yang sangat besar di antara keduanya.

Baca juga : Mitsubishi Pajero Akan Hadir Kembali Di 2027. Penantang Baru Di Segmen SUV Premium

Generasi terakhir Pajero dipungkasi pada 2021 silam tepat di generasi IV dan rumor yang beredar pihak Tiga Berlian akan kembali menghadirkan pada 2027 mendatang. Mengutip dari TopGear.com.ph, pihak Mitsubishi sepertinya juga punya sentimen yang sama dengan Nissan. Perusahaan tersebut menjelaskan bahwa jika ingin menghidupkan kembali Pajero dengan upayanya sendiri tanpa harus ada uluran bantuan dari Nissan. Koichi Namiki, pejabat eksekutif senior untuk strategi produk Mitsubishi Motors, mengatakan bahwa kisah Pajero belum selesai.

Dikabarkan bahwa Pajero ‘Reborn’ ini akan menggunakan basis dari Outlander yang diperbesar dan diperkuat. Ia juga akan menawarkan sistem plug-in hybrid sebagai opsinya. 

Sebagai tambahan, Nissan Patrol merupakan rival seimbang dengan Land Cruiser, sedangkan untuk Mitsubishi Pajero sedari dulu menjadi rival bagi Land Cruiser Prado yang punya ukuran lebih kecil.

Seandainya Pajero terlahir kembali dengan platform Patrol, maka Pajero kembali menggunakan racikan sasis tangga yang sudah ia tanggalkan sejak 1999. Pada generasi III Pajero telah menggunakan struktur unibody yang diteruskannya ke generasi IV yang akhirnya rampung pada 2021 itu. (SS)


Tags Terkait :
Nissan Patrol Mitsubishi Pajero Pajero Reborn
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Artikel Terkait

Berita
Nissan Tegaskan Tidak Ada Sharing Platform Patrol dan Pajero

1 hari yang lalu


Berita
Nissan Terra Facelift Versi Asia Tenggara Terkuak Secara Utuh!

3 tahun yang lalu


Berita
Nissan Terra Facelift Sudah Menampakkan Dirinya Di Thailand

3 tahun yang lalu


Berita
Nissan Terra Facelift Bakal Hadir Di Asia Tenggara Bulan Depan

3 tahun yang lalu


Terkini

Berita
Tidak Semuanya Mulus, Kami Menemukan 5 Kekurangan Pada Neta X Dalam Pengujian

2 jam yang lalu


Berita
Honda HR-V Hybrid Terendus Masuk Indonesia

3 jam yang lalu


Berita
Inilah Bocoran Harga Neta X, Bersaing Dengan BYD Atto 3 dan Lebih Murah Dari Kona EV

3 jam yang lalu


Berita
Berangkat Dari Kesamaan Filosofi Tegas dan Teguh, BAIC Indonesia Pilih Brand Ambassador Jurnalis Kawakan

3 jam yang lalu


Berita
Ford Ranger PHEV Resmi Melenggang

8 jam yang lalu