Sudah Dapat Subsidi, Ioniq 5 Akan Turun Harga dengan Baterai Lokal

 Gemilang Isromi Nuar    05 June, 2023
Berita

Hyundai Ioniq 5 merupakan salah satu mobil listrik yang dapat bantuan subsidi dari pemerintah, dimana setiap pembeli otomatis bakal dikurangi PPN-nya 10 persen sebagaimana kebijakan berlaku. Tidak hanya itu dengan dibangunya pabrik sistem baterai (battery system) Hyundai pertama di Indonesia yang berlokasi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat bisa dibilang harga Ioniq 5 akan menjadi turun.

Hal itu disampaikan President Director Hyundai Energy Indonesia (HEI), Changoug Hong dengan menggunakan baterai buatan lokal akan membuat Ioniq 5 jadi lebih murah. "Sebelum adanya pabrik baterai, ada yang namanya biaya impor yang harus dibayar. Sekarang, Hyundai ada di Karawang dan pabrik baterai assembly (BSA) berada di Cikarang, pasti harganya akan turun," kata Hong. 

Hong juga belum bisa memastikan bakal turun berapa persenkah baterai mobil listrik buatan Hyundai. Karena pabrik saat ini sedang dalam tahap pembangunan.

"Sekarang masih pembangunan, nanti tahun depan bisa diinformasikan ya. Intinya dulunya impor dan harganya mahal, sekarang ada value chain semuanya ada di Indonesia pasti harganya turun," ujar Hong.

Perlu diketahui, pabrik baterai tersebut dibangun dengan investasi sebesar 60 juta dolar AS jika dirupiahkan sekitar Rp900 miliar dan akan memulai produksi massal pada paruh pertama tahun 2024. Bisa dibilang akan ada perubahan harga mobil listrik yang saat ini dijual Rp 748 - 859 juta pada tahun 2024, di mana baterai buatan lokal sudah terpasang pada Ioniq 5.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaAda Apa Saja di Periklindo Electric Vehicle Show 2024? Ini Bocorannya10 jam laluDaftar HargaDaftar Harga WULING Terbaru (April 2024)17 jam laluBeritaMudik In Style 2024, Plus-Minus Stargazer X Ketika Melahap Lintas Sumatera1 hari laluDaftar HargaDaftar Harga BYD Terbaru (April 2024)1 hari lalu

Trending

Indonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion
Daftar Harga BYD Terbaru (April 2024)
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Chery Luncurkan SUV Hybrid Yang Diklaim Memiliki Jarak Tempuh 1.500 KM, Ini Spesifikasinya
GWM Tank 300 Penantang Terkuat Fortuner Dan Pajero Sport?

Berita Terbaru

BeritaOmoda E5 Tabrak Tembok Di Mall, Mungkin Ini Penyebabnya?9 jam laluBeritaAda Apa Saja di Periklindo Electric Vehicle Show 2024? Ini Bocorannya10 jam laluBeritaSUV Honda Laris Manis Selama Lebaran, BR-V Sampai HR-V Laku Ribuan Unit11 jam laluBeritaKalah Pamor Dengan SUV, Subaru Legacy Selesai Setelah Berkiprah 36 Tahun12 jam laluBeritaFirst Drive : GWM Poer Sahar PHEV, Pikap Mewah Nan Buas13 jam laluBeritaFirst Drive: GWM Tank 300 Hybrid. A Game Changer?14 jam laluBeritaInilah Ragam Keseruan di Motomobi News Karnaval 202416 jam laluDaftar HargaDaftar Harga WULING Terbaru (April 2024)17 jam lalu