Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Bridgestone Komitmen Hadirkan Teknologi Ramah Lingkungan

Tertuang pada produk-produk masadepan
Berita - Minggu, 19 Februari 2023 11:30 WIB
Penulis : Suryo Sudjatmiko


PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia), bagian dari Bridgestone Corporation, pemimpin global dalam Layanan Mobilitas Berkelanjutan dan Solusi Tingkat Tinggi, Jumat (17/2), menyelenggarakan event media gathering dengan tema “Innovations Towards A Sustainable Society.'

Bridgestone berkomitmen untuk lebih menghadirkan produk-produk ramah lingkungan pada lini produknya.

Dari sisi teknologi guna mencapai visinya dalam berkontribusi mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan, Bridgestone menginformasikan bahwa dalam setiap pengembangan produknya selalu mengacu pada tiga faktor yaitu Environment, Safety atau keselamatan berkendara, dan Satisfaction atau kepuasan pelanggan.
Dari sisi enviroment, pengembangan ban dengan teknogi Low Rolling Resitence (LRR) menjadi salah satu solusi untuk membantu mengurangi emisi gas karbon kendaraan melalui efisiensi bahan bakar. 
“Beberapa faktor yang mampu meningkatkan konsumsi bahan bakar pada kendaraan adalah, pertama hambatan udara pada kendaraan, lalu hambatan akselerasi kendaraan, dan rolling resistance atau hambatan gulir.," jelas Fiza Rizkiano, Head of Original Equipment Bridgestone Indonesia. "Faktor rolling resistance pada konsumsi bahan bakar kendaraan cukup besar, yaitu mencapai 23%. Jadi kalau faktor hambatan gulir pada kendaraan dapat dikurangi, maka otomatis konsumsi bahan bakar pun akan menjadi semakin efisien,” lanjutnya 
Dari sisi keselamatan berkendara, Bridgestone menempatkan sebagai prioritas utama. Bridgestone merancang produk ban yang  memiliki performa yang tinggi, baik di saat jalan basah tetap punya kualitas pengereman maupun pengendalian yang baik. Selain itu sinergi dengan teknologi run flat tire, sehingga mampu memberi pengereman saat ban mengalami kempis.
Sedang untuk sisi satisfaction, ban Bridgestone direkayasa untuk memberikan sensasi berkendara terbaik bagi pengemudi yang ingin mendapatkan hasil maksimal dari kendaraan performa tinggi mereka. 

BACA JUGA

Penerapan teknologi Enliten membuat ban menjadi lebih ringan di mana ban menggunakan material yang lebih sedikit dan mengasilkan hambatan gulir rendah dengan manfaat signifikan.

Hal ini berkontribusi pada konsumsi bahan bakar yang artinya mampu menekan emisi CO2 dan mampu menghemat pemakaian baterai pada mobil listrik . 

Teknologi ini mulai dikenalkan secara global pada 2020, tepatnya pada Turamza Eco dan langsung digunakan pada EV  Volkswagen ID.3.
Selain membahas teknologi produk, komitmen Bridgestone terkait masyarakat berkelanjutan juga menjadi 
Di sisi lain Bridgestone telah mengambil langkah untuk semakin mempercepat evolusi program sustainaiblity tersebut dengan menetapkan Komitmen Bridgestone E8 (Energi, Ekologi, Efisiensi, Eksistensi, Ekonomis, Emosi, Ease/kemudahan dan Empowerment/ pemberdayaan).
“Komitmen E8 merupakan sebuah pernyataan kuat dari komitmen perusahaan hingga tahun 2030, untuk membantu mewujudkan masyarakat yang berkelanjutan.," ungkap Yunus Triyonggo, HR & GA Director Bridgestone Indonesia dalam kesempatan yang sama.
Aplikasi dari penerapan Komitmen E8 ini erat hubungannya dengan program CSR konservasi hutan mangrove dan pemberdayaan masyarakat di sekitar Muara Gembong, Bekasi.

Program pemberdayaan masyarakat di antaranya dijalankan melalui pembinaan terhadap kelompok UMKM, untuk semakin memiliki kemampuan dalam mengolah hasil bumi di lingkungan sekitar, khususnya pohon mangrove. Selain itu terdapat pula pelatihan seperti pendampingan membatik dengan memanfaatkan getah mangrove, perluasan produk olahan, dan pelatihan Digital Marketing untuk meningkatkan skill masyrakat setempat. 
“Program ini pun terbukti memberi manfaat pada masyarakat di Muara Gembong, baik dari sisi ekonomi maupun lingkungan. Ke depan kami tentu berharap, program serupa dapat diterapkan pada daerah-daerah lainnya di Indonesia,” tutupnya.


Tags Terkait :
Bridgestone Ramah Lingkungan Teknologi Ramah Lingkungan
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Berita
Bridgestone Fokus Memproduksi Ban Mobil Listrik Berteknologi Enliten, Apa Keunggulannya?

4 bulan yang lalu


Berita
Suzuki Pamer Modifikasi Pabrikan Di Tokyo Auto Salon 2024

6 bulan yang lalu


Berita
Bridgestone Siap Pasarkan Ban Khusus Mobil Listrik, Termasuk Untuk Wuling Air EV

7 bulan yang lalu


Berita
Gunakan 15% Tenaga Robot, Bridgestone Bisa Produksi 30.000 Ban Perhari

7 bulan yang lalu


Berita
Bridgestone Luncurkan Ecopia EP300, Berikut Fitur Unggulannya

7 bulan yang lalu


Berita
Mulai Rp 1 Jutaan, Berikut Pilihan Ban Mobil Berbagai Merek untuk Toyota Fortuner

8 bulan yang lalu


Berita
Berikut Pilihan Ban Mobil Berbagai Merek untuk Mitsubishi Xpander, Mulai Rp 700 Ribuan

8 bulan yang lalu


Berita
Sudah Aus dan Waktunya Ganti, Berikut Pilihan Ban Mobil Buat Toyota Rush

8 bulan yang lalu


Terkini

Berita
Bukan Bule, Justru Orang Asia Pengguna Mobil Mewah Tahan Peluru Pertama Di Dunia

1 jam yang lalu


Berita
BMW Seri-6 Bakal Terlahir Kembali, Tapi XM Tak Punya Penerus

2 jam yang lalu


Berita
Bukan Carnival Apalagi EV9, Inilah Mobil KIA Terlaris Saat Ini

6 jam yang lalu


Berita
GIIAS 2024: Ada Apa Saja Di Sana, Panduan Lengkap, Peserta, Tiket Dan Shuttle

8 jam yang lalu


Berita
BYD Kembali Lewati Tesla Sebagai Penjual Mobil Listrik Terlaris di Dunia, Ini Buktinya

10 jam yang lalu