Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Lima Tahun Eksistensi Mitsubishi Xpander, Sebuah Produk Revolusioner Yang Lahir di Indonesia

Xpander hadir sebagai LMPV dengan desain revolusioner
Berita - Rabu, 16 November 2022 16:15 WIB
Penulis : Suryo Sudjatmiko


Tahun 2022 ini tepat lima tahun eksistensi Mitsubishi Xpander di Indonesia. Mobil ini pertama kali muncul di situs web Mitsubishi Motors pada tanggal 17 Juli 2017. Mobil ini diperkenalkankan pada tanggal 24 Juli 2017 di  dan diluncurkan pada 10 Agustus 2017 di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Tangerang Selatan. Mobil ini mulai dijual pada tanggal 3 Oktober 2017. 

Mesin bensin 4A91 1.500 cc DOHC MIVEC dengan tenaga 104 dk dan torsi 141 Nm yang diakurkan dengan transmisi manual dan otomatis menjadi bekalnya. Namun penampilannya yang futuristik dan revolusioner membuatnya disambut dengan cukup baik di pasar tanah air dan bahkan di luar dugaan.

BACA JUGA

Kontan, hal ini membuat Xpander sebagai magnet baru di segmen LMPV Indonesia. Kehadirannya merupakan ancaman serius bagi penghuni segmen ini yang selama ini dikuasai oleh Toyota Avanza-Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio.

Tiga Berlian pun kembali menggeliat di pasar nasional dan langsung masuk ke liga utama pemain LMPV yang paling diperhitungkan di Tanah Air.

Lebih jauh lagi, mobil bikinan Karawang ini pun menjadi komoditas ekspor bagi Indonesia pada 2018 dan dikirim lebih dari 30 negara dalam wujud CBU ataupun CKD.

Pada Februari 2019, kembaran Xpander yang dilabeli dengan emblem Nissan Livina pun hadir menyapa publik di tanah air.

Seven seater ini pun hadir dengan beberapa sentuhan desain Nissan pada bagian facia, bodi samping dan juga pada bagian lampu buritan.

Kembali ke Xpander. Langkah kreasi Mitsubishi pun tak berhenti di situ. Improvement pada Xpander pun terjadi pada November 2019. Saat itu Mitsubishi memperkenalkan sosok Xpander Cross yang diarahkan untuk persaingan di segemn Low SUV.

Dibandingkan dengan Xpander ‘reguler’, LSUV ini hadir dengan tambahan ‘aparel’ overfender, roofrail dan ketinggian suspensi pun direvisi menjadi lebih jangkung dari ground clearance 205mm menjadi 220mm.  Tentunya diikuti beberapa penyesuaian pada suspensi.

Facelift besar terjadi pada 2021, dengan perubahan interior dan eksterior yang signifikan. Lampu utama dengan desain T-shape dan lampu belakang dengan signature light baru menjadi materi penyegaran bagian luar. Sedangkan untuk bagian dalam desain dasbor diberi sentuhan soft touch material yang memberikan kemewahan baru, pengatur AC digital dan juga layar instrumen TFT (Thin Film Transistor). Ubahan lainnya ada pada lingkar kemudi dengan desain kemudi membulat pada bagian tengahnya.

Pada kesempatan yang sama, Xpander Cross pun mengalami penyegaran. Hanya saja LSUV ini muncul tanpa penyegaran pada bagian eksterior, sedangkan menggunakan desain yang sama dengan Xpander.

Secara teknis kedua mobil ini masih menggunakan mesin yang sama, namun opsi girboks otomatisnya diganti dengan CVT.

Untuk melengkapi penyegaran pada Xpander Cross, Mitsubishi pun kembali memberikan facelift pada LSUV ini. Perkenalan dilakukan pada Agustus 2022 tepat pada gelaran GIIAS 2022.

Perubahan eksterior terjadi pada lampu yang menggunakan desain T-Shape, beberapa perubahan desain pada bumper depan- belakang dan desain pelek baru. Perubahan pada interior nampak pada lingkar kemudi yang menggunakan model milik Pajero Sport.

Dari segi fitur, Xpander Cross dijejali dengan fitur Active Yaw Control yang diturunkan dari Lancer Evo.

Setelah lima tahun eksistensi, berdasarkan angka yang dirilis Mitsubishi, Xpander maupun Xpander Cross telah dibuat sebanyak lebih dari 250 ribu unit. Artinya ada 50 ribu unit untuk tiap tahunnya.

 


Tags Terkait :
Mitsubishi Xpander Xpander Cross
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Artikel Terkait

Berita
Mitsubishi Xpander Cross Elite Limited Edition. Selisih Rp 10Juta, Dapat Barang Istimewa Edisi Terbatas

2 hari yang lalu


Berita
Elite Limited Edition Mitsubishi Pajero Sport Dan Xpander Cross Diluncurkan, Ekslusif Dan Lebih Jedang-Jedung

1 bulan yang lalu


Berita
Mitsubishi Xpander Ultimate Sekarang Punya Opsi Transmisi Manual

1 bulan yang lalu


Berita
Mitsubishi Beri Kisi-Kisi Dua Produk Anyar Di GIIAS 2024

2 minggu yang lalu


Terkini

Berita
BMW M5 G90 Resmi Debut Dunia, Bobot Hampir 2,5 Ton

6 jam yang lalu


Berita
Chery Fulwin T10 SUV PHEV Mewah Berbanderol Rp 400 Jutaan Siap Meluncur

6 jam yang lalu


Tips
Ketahui Cara Jumper Aki Mobil Yang Aman Dan Benar

11 jam yang lalu


Berita
BYD: Sudah Tidak Ada Keterlambatan Delivery Lagi

12 jam yang lalu


Berita
Mengenal Merek Kalista Yang Akan Hadir DI GIIAS 2024, Punya Produk Double Cabin Listrik!

12 jam yang lalu