Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Diterjang Pandemi, Penjualan Online Honda Meningkat

Terbatasnya aktivitas luar ruangan membuat banayak pembeli mobil Honda memanfaatkan platform digitla. Angkanya mencapai 20 persen konsumen sepanjang April 2020.
Berita - Minggu, 10 Mei 2020 11:00 WIB
Penulis : Alfons


Honda merasakan betul dampak pandemi virus Corona alias Covid-19 terhadap kegiatan bisnis mereka di tanah air. Hal ini berkaca dari kondisi pasar otomotif yang bahkan memaksa mereka menonaktifkan kegiatan pabrik mereka di Karawang, Jawa Barat.

Meski begitu jenama Jepang ini masih bisa memetik hal positif terkait bencana ini. Salah satu yang paling menonjol adalah meningkatnya aktifitas PT Honda Prospect Motor (HPM) yang berbasiskan daring ataupun kemudahan purnajual. Mulai dari layanan penjualan digital, hingga home service dan pick-up service menunjukkan peningkatan signifikan.

(Baca juga: Daftar Harga HONDA Terbaru (April 2020))

BACA JUGA

Foto: Brian

Business Inovation and Marketing & Sales Director HPM, Yusak Billy menjelaskan kalau dari segi penjualan secara digital, terjadi peningkatan sampai angka 20 persen pada April 2020, dari sebelumnya tidak pernah mencapai angka 3 persen. Sementara layanan servis di rumah ataupun pick-up service mencapai angka 2 ribu pesanan dalam satu bulan.

"Jika melihat data, 70 persen market itu wilayah yang terkena PSBB. Jadi kami memfokuskan untuk online, baik untuk penjualan maupu aftersales," terang dia menjawab pertanyaan media saat telekonferens, Jumat (8/5).

Dia lantas menegaskan layanan-layanan ini sendiri sebenarnya sudah ada sebelum pandemi Covid-19 namun memang baru digalakan secara khusus beberapa waktu ini. "Sekarang kan konsumen Honda agak keberatan untuk keluar, jadi kami push lagi untuk home service, kalau keruskannya berat, kami jemput mobilnya (pick-up service)," terangnya. "Jadi kami lebih proaktif sekarang."

(Baca juga: Mengungkap Biaya Servis HR-V 1.5 Matic)

Billy juga menyebut kalau besar kemungkinan layanan kemudahan purnajual akan menjadi 'new normal' bagi konsumen. Konsumen jadi bisa merasakan kemudahan perbaikan tanpa harus ke bengkel.
 


Penawaran Khusus untuk Pembelian Online
Salah satu upaya nyata HPM mendorong transaksi pembelian mobil secara daring, dilakukan dalam program penjualan. Pertama, untuk produk-produk seperti Brio, Mobilio, HR-V, BR-V, Jazz, dan CR-V pembeli akan mendapat free service dan part untuk periode waktu tertentu.

Kemudian khusus untuk unit Mobilio dan BR-V akan ada potongan harga lagi jika pembelian dilakukan secara online lewat marketplace-marketplace tertentu. "Mobilio dan BR-V kan mobil keluarga, kami ingin memberi keringan dalam hal memiliki kendaraan itu," ujar Billy menerangkan tentang program ini.

Adapun untuk besaran keringanan yang ditawarkan sendiri menurut dia beragam antara diler dan menyarankan konsumen menghubungi bebera jaringan diler HPM untuk mendapat informasi lebih lanjut.


Tags Terkait :
Honda Penjualan Covid-19
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Berita
Akibat ‘Perang Harga’ dan Dihajar EV Lokal, Nissan Tutup Pabrik Di Tiongkok

1 minggu yang lalu


Berita
Mobil Ini Berkontribusi Lebih Dari Setengah Penjualan Honda di Indonesia Saat ini

2 minggu yang lalu


Berita
Chery Bakal Pamerkan 4 Model Baru di GIIAS 2024, Salah Satunya Tiggo 8 Pro Max

3 minggu yang lalu


Berita
Inilah Mobil-Mobil Terlaris Di Jepang Bulan Juni

3 minggu yang lalu


Terkini

Berita
Toyota Sediakan Fasilitas Ultra Fast Charging 120 kW Di Mall Ini

52 menit yang lalu


Berita
Mazda Suntik Mati MX-5 Miata 2.0 Liter. Sisakan Versi Mesin 1.5 Liter

2 jam yang lalu


Berita
Aito Diakusisi DFSK Seres, Aito M9 dan M7 Siap Mejeng di GIIAS 2024

15 jam yang lalu


Berita
Skema Kredit Innova Hybrid Tipe Tertinggi Menggiurkan, Cicilannya Mulai Rp 15 Jutaan

20 jam yang lalu


Berita
Perdana, Isuzu Bawa Elf Listrik di GIIAS 2024

20 jam yang lalu