Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Toyota Angkat Bicara Mengenai Mesin Baru Grand New Avanza

Nah, ini dia penjelasan resmi Toyota mengenai mesin Dual VVT-i yang juga akan hadir di Grand New Avanza.
Berita - Minggu, 2 Agustus 2015 06:30 WIB
Penulis : Handi Cahyono


Secara khusus, Toyota Astra Motor (TAM) mengadakan workshop bertajuk Toyota Engine Technology di Sentul kemarin (30/7). Dipresentasikan oleh Dadi Hendriadi, GM Technical Service, di acara itu Toyota angkat bicara mengenai mesin Dual VVT-i serta cara kerja pintar yang mampu membuatnya lebih efisien dan bertenaga. Seperti kami beritakan sebelumya, mesin inilah yang akan memperkuat lini Grand New Avanza pada peluncurannya 12 Agustus nanti.

Toyota Astra Motor

Sistem katup variabel ganda ini terdapat pada kepala silinder dan merupakan mekanisme pengatur waktu bukaan katup pada mesin. Dengan penerapan VVT-i, waktu bukaan katup (valve timing) bisa disesuaikan kebutuhan mesin. Sistem ini awalnya diaplikasi pada katup masuk (intake) saja. Seiring perkembangan, katup buang (exhaust) pun juga ikut dikontrol. Maka inilah yang disebut sistem Dual VVT-i.

Dengan mengatur katup masuk dan buang, pengontrolan udara masuk, maupun gas buang pada segala kondisi kerja mesin jauh lebih baik. Misal pada saat start, pengaturan dimaksimalkan agar dapur pacu segera mendapat suhu ideal. Keuntungannya, tenaga dan torsi mesin segera tersedia.

.
BACA JUGA

Hasilnya Toyota masa kini memiliki performa dan efisiensi lebih baik meski kapasitas tetap sama. Sebagai contoh 2ZR-FE 1.798 cc empat silinder 16 katup andalan Toyota All New Corolla Altis kini meletupkan daya 151 dk/6.400 rpm dan torsi 190,2 Nm/4.000 rpm. Lebih bertenaga, tetapi irit dan ramah lingkungan.

Pada Grand New Avanza, tipe 1.300 cc dual VVT-i juga mengalami kenaikan tenaga 5 dk dan juga torsi 4 Nm dibanding sebelumnya. Sedang di 1.500 cc, torsi sama tapi didapat di putaran 200 rpm lebih rendah. Semua itu juga diklaim tetap memberikan konsumsi BBM 15% lebih baik.

TAM

Sejak kebocoran detail yang terjadi pada Toyota Grand New Avanza dan Daihatsu Great New Xenia, detail kedua kembar ini memang terbuka luas ke publik. Toyota bahkan sudah mengumumkan resmi di web mereka tentang bakal hadirnya mesin Dual VVT-i di mobil ini, sekaligus menunjukkan wajahnya yang memang sama dengan yang telah sering kami beritakan sebelumnya.

Berikut kami berikan pula link video tentang Dual VVT-i untuk mempermudah pemahaman.


Tags Terkait :
Toyota Grand New Avanza
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Berita
Jalankan Strategi Baru, Dunlop Perkenalkan 4 Ban Berteknologi Tinggi

1 tahun yang lalu


Berita
Inilah Deretan Mobil Baru Yang Dapat Dicoba di GIIAS Surabaya dan Ketahui Cara Daftarnya

2 tahun yang lalu


Berita
GIIAS Surabaya 2021, Diikuti Puluhan Pelaku Industri Otomotif

2 tahun yang lalu


Berita
GIIAS 2021 Digelar Minggu Depan. Ini Deretan Mobil Gress Yang Bakal Melenggang.

2 tahun yang lalu


Terkini

Berita
Toyota Sediakan Fasilitas Ultra Fast Charging 120 kW Di Mall Ini

19 menit yang lalu


Berita
Mazda Suntik Mati MX-5 Miata 2.0 Liter. Sisakan Versi Mesin 1.5 Liter

2 jam yang lalu


Berita
Aito Diakusisi DFSK Seres, Aito M9 dan M7 Siap Mejeng di GIIAS 2024

15 jam yang lalu


Berita
Skema Kredit Innova Hybrid Tipe Tertinggi Menggiurkan, Cicilannya Mulai Rp 15 Jutaan

19 jam yang lalu


Berita
Perdana, Isuzu Bawa Elf Listrik di GIIAS 2024

20 jam yang lalu